Kompas TV nasional politik

Saat Sekjen PBNU Pilih Apresiasi Langkah NasDem yang Terima Hasil Pemilu dan Prihatin Sikap PKB

Kompas.tv - 21 Maret 2024, 22:00 WIB
saat-sekjen-pbnu-pilih-apresiasi-langkah-nasdem-yang-terima-hasil-pemilu-dan-prihatin-sikap-pkb
Sekjen PBNU Saifullah Yusuf. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama menyampaikan sikap atas hasil Pemilu 2024. (Sumber: Dok. PBNU)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Sekjen PBNU) Saifullah Yusuf atau Gus Ipul menyebut sikap Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh, layak ditiru oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Pernyataan Gus Ipul tersebut disampaikan menanggapi langkah Ketua Surya Paloh yang langsung menyampaikan pernyataan sikap menerima hasil pemilu dan pilpres.

“Bang Surya Paloh negarawan. Saya sangat mengapresiasi dan ini layak ditiru oleh PKB,” kata Gus Ipul, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (21/3/2024) dikutip dari Antara.

Gus Ipul mengaku prihatin karena PKB yang selama ini mengeklaim partai warga NU, tidak segera menyampaikan pendapat dengan menerima hasil pilpres.

Baca Juga: Ikuti Surya Paloh, PKS Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran

Menurut Gus Ipul, mengakui hasil pilpres merupakan bentuk apresiasi terhadap pilihan rakyat, sekaligus wujud menghargai kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Ini soal cara berpikir. Mengakui hasil pilpres sama dengan mengapresiasi pilihan rakyat dan kerja KPU bahwa ada masalah itu bisa diproses,” tuturnya.

“Perkara ada pelanggaran, itu yang memutus MK. Ada jalurnya, bukan beropini,” ujarnya.

Ia berpendapat bahwa secara umum pemilu maupun pilpres sudah berjalan dengan baik, dan tidak terjadi gesekan berarti di bawah.

Kepada masyarakat, ia menyampaikan pesan dari para kiai di organisasi keagamaan tersebut, yang mengimbau agar menghormati hasil pilpres.

“Warga NU di bawah itu berharap dinamika pasca pilpres tidak berkepanjangan. Para kiai juga sudah berpesan agar masyarakat menghormati seluruh hasil yang ada, sehingga kehidupan berbangsa bisa kembali normal seperti semula,” bebernya.

Diberitakan Kompas.tv sebelumnya, KPU RI telah menerbitkan Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Secara Nasional dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

Baca Juga: Ganjar Respons Ajakan Gibran Ingin Rangkul Lawan Politiknya

KPU menetapkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan capres-cawapres terpilih pada Pilpres 2024.

"Hasil Pemilihan Umum secara nasional sebagaimana dimaksud dalam Diktum Kesatu sampai dengan Diktum Kelima ditetapkan pada hari Rabu tanggal 20 bulan Maret tahun 2024 pukul 22.19 menit WIB," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari.

Hasyim mengungkapkan pasangan Prabowo-Gibran meraih 96.214.691 suara. Sementara itu, lanjut dia, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara, sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md 27.040.878 mendapatkan suara.


 



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x