Kompas TV nasional peristiwa

Daftar Link Live Streaming CCTV untuk Pantau Arus Mudik Lebaran 2024, Lengkap dengan Caranya

Kompas.tv - 7 April 2024, 14:00 WIB
daftar-link-live-streaming-cctv-untuk-pantau-arus-mudik-lebaran-2024-lengkap-dengan-caranya
Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) Majalengka, Jawa Barat, Sabtu (23/12/2023).  Daftar link live streaming CCTV online untuk pantau lalu lintas arus mudik Lebaran 2024. (Sumber: Kompas.tv/Ant/Dedhez Anggara/aww)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Terdapat beberapa link CCTV lalu lintas sejumlah ruas jalan untuk memantau arus mudik Lebaran 2024.

Pantauan arus mudik menjadi penting untuk pemudik, pasalnya pengguna bisa live streaming kondisi jalan secara real-time saat Lebaran 2024.

Melalui CCTV lalu lintas tersebut, pemudik dapat menentukan rute/perencanaan rute perjalanan untuk menuju kampung halaman, sehingga dapat terhindar dari macet.

Seperti yang diketahui, puncak arus mudik diprediksi terjadi pada H-3 Lebaran, yang jatuh pada Sabtu (6/4) kemarin. 

Pemerintah juga telah memprediksi pergerakan masyarakat selama Lebaran 2024 berpotensi mencapai sebanyak 193,6 juta orang.

Adapun angka tersebut meningkat dibanding potensi pergerakan masyarakat pada masa Lebaran 2023 yakni sebanyak 123,8 juta orang.

Untuk menghindari terjadinya penumpukan kendaraan,para pemudik pun diimbau untuk memperhatikan kondisi lalu lintas di sekitar area jalur mudik, melalui CCTV yang terpasang di sejumlah lokasi jalan.

Ada beberapa link CCTV live streaming lalu lintas yang bisa dipakai untuk memantau kemacetan jalan selama mudik Lebaran 2024, mulai dari yang disediakan platform dari Dinas Perhubungan, hingga Jasa Marga.

Berikut daftar link live streaming CCTV online untuk pantau lalu lintas arus mudik Lebaran 2024, beserta caranya:

1. CCTV via Tol Kita

Link CCTV online untuk pantau ruas jalan tol dapat dipantau melalui aplikasi Mobile Tolkita yang dikembangkan oleh BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) Kementerian PUPR.

Melalui aplikasi tersebut pengguna jalan akan mendapatkan informasi real time mengenai jalan tol seperti keadaan lalu lintas jalan tol, kejadian di jalan tol, CCTV jalan tol, lokasi Gerbang in/out alternatif, lokasi rest area serta nomor kontak pelayanan jalan tol.

Adapun cara mengaksesnya adalah dengan mengunduh aplikasi Tol Kita di Google Play Store atau App Store. Kemudian buka aplikasi dan klik menu 'CCTV' pada laman utama. 

Kemudian, klik ikon CCTV di ruas jalan tol yang terdapat di peta dan siaran lalu lintas terkini bisa langsung dilihat.

2. CCTV dari RRTMC

Link live streaming CCTV online untuk pantau arus mudik dapat diakses melalui laman RTTMC (Road Transport and Traffic Management Center), dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Melalui RTTMC, pengguna dapat memantau secara live streaming kondisi lalu lintas di lebih dari 30 lokasi jalan yang rawan macet, seperti diantaranya jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Untuk mengakses RTTMC, Anda dapat mengunjungi link http://rttmc.dephub.go.id/rttmc/livecctv.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x