Kompas TV nasional peristiwa

Berapa Kerugian Kecelakaan Sepanjang Arus Mudik 2024? Polri Sebut Tembus Rp2 Triliun

Kompas.tv - 10 April 2024, 18:46 WIB
berapa-kerugian-kecelakaan-sepanjang-arus-mudik-2024-polri-sebut-tembus-rp2-triliun
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah mengumpulkan data tentang kecelakaan lalu lintas selama periode gelombang pertama Operasi Ketupat 2024 menggunakan software Integrated Road Safety Management System (IRSMS).

Periode yang dicatat dimulai dari Kamis (4/4/2024) hingga Minggu (7/4/2024), yang merupakan awal dari puncak pertama arus mudik Lebaran. 

Berdasarkan data yang dikumpulkan selama periode tersebut, terdapat 759 kasus kecelakaan lalu lintas di seluruh wilayah Indonesia.

Selain mencatat jumlah kecelakaan, IRSMS Korlantas Polri juga menyertakan estimasi kerugian materiel yang terjadi, dengan total nominal sekitar Rp2,24 triliun.

Kerugian materiel ini dihitung dengan mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk skala kecelakaan, kerusakan kendaraan, dan kondisi korban. 

Baca Juga: Warga Perumahan Duta Kranji Bekasi Gelar Tradisi Halalbihalal di Jalan

Jumlah kerugian materil juga sejalan dengan total kecelakaan yang terjadi.

Dari data tersebut, tercatat bahwa kerugian paling besar terjadi di Provinsi Jawa Timur, dengan total mencapai Rp417,6 miliar dari 181 kasus kecelakaan yang terjadi.

Berikut adalah daftar 5 provinsi dengan kerugian materil terbanyak akibat kecelakaan, sepanjang periode 4-7 April 2024 dikutip dari Kompas.com

  • Provinsi Jawa Timur: Rp417,6 miliar 
  • Provinsi Jawa Tengah: Rp284,1 miliar 
  • Provinsi Jawa Tengah: Rp184,4 miliar 
  • Provinsi Nusa Tenggara Timur: Rp179,9 miliar 
  • Polda Metro Jaya: Rp127,9 miliar

Sebelumnya diberitakan Satuan Lalu Lintas Satlantas Polres Metro Bekasi Kota telah mencatat sebanyak 11 kecelakaan terjadi selama arus mudik Lebaran tahun 2024.

Dalam catatan tersebut, terdapat satu kejadian tragis di mana seorang pemudik yang mengendarai sepeda motor meninggal dunia.

"Kalau kecelakaan ada 11 (peristiwa) yang kami data, ada yang pengemudi motor dan mobil, dari peristiwa tersebut yang meninggal satu orang,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres AKBP Yugi Bayu Hendarto pada Rabu (10/4/2024) dikutip dari TribunNews.

Yugi menyampaikan imbauan kepada para pemudik untuk tetap berhati-hati selama perjalanan, baik mengendarai sepeda motor maupun mobil.

Baca Juga: Presiden Jokowi Gelar Open House di Istana Kepresidenan, Sambut Hangat Masyarakat di Momen Lebaran


 

 



Sumber : Kompas TV, Kompas.com, Tribun News



BERITA LAINNYA



Close Ads x