Kompas TV nasional peristiwa

Anggota TNI AL dan Brimob yang Bentrok di Papua Lakukan Mediasi

Kompas.tv - 14 April 2024, 20:24 WIB
anggota-tni-al-dan-brimob-yang-bentrok-di-papua-lakukan-mediasi
Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen R Nugraha Gumilar. (Sumber: Kompas.com/Nirmala Maulana A)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pihak TNI AL dan satuan Brigade Mobile (Brimob) Polda Papua Barat telah melakukan mediasi terkait insiden bentrok di pelabuhan Sorong, Papua, pada hari Minggu (14/4).

"Tindakan yang dilakukan masing-masing pimpinan mengendalikan anak buahnya, dan melakukan mediasi," kata Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar di Jakarta, Minggu petang.

Gumilar menjelaskan, peristiwa bentrokan terjadi di pintu masuk ruang tunggu keberangkatan kantor Pelindo IV Sorong, Provinsi Papua Barat

Perkelahian itu dipicu oleh teguran seorang anggota TNI AL Marhanlan XIV / Sorong kepada personel Brimob Polda Papua Barat yang berada di lokasi. Namun, dia tidak merinci konten dari teguran tersebut.

Baca Juga: Kritik Pengaturan Lalu Lintas saat Mudik dan Arus Balik, Pengamat: Mudik Pasti Macet

Teguran tersebut kemudian menyulut kesalahpahaman yang mengakibatkan bentrokan antara kedua belah pihak.

Gumilar menjelaskan bahwa dalam insiden tersebut, lima orang mengalami luka-luka. Namun, dia tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai asal unit personel yang terluka.

Saat ini, pihak TNI dan Polri telah meningkatkan pengamanan di lokasi untuk mencegah terjadinya konflik lanjutan antara kedua belah pihak.

"Saat ini kami melaksanakan patroli bersama sebagai tindakan preventif agar tidak terprovokasi dengan kejadian tersebut," ujar Gumilar dikutip dari Antara.

Sebelumnya diberitakan, Prajurit TNI Angkatan Laut (AL) terlibat bentrok dengan anggota Brimob Polri di Pelabuhan Sorong, Papua Barat.

Diketahui bentrokan tersebut terjadi saat pengamanan arus mudik Lebaran 2024.

Akibat kejadian ini satu anggota TNI mengalami luka berat. Berdasarkan laporan, bentrokan ini terjadi sekitar pukul 09.30 WIT. 

Tak berapa lama kemudian beredar di video yang merekam detik-detik bentrokan di media sosial. Video itu memperlihatkan keributan di pintu keberangkatan penumpang di Pelabuhan Sorong.

Dalam rekaman tersebut, seorang anggota TNI terlihat berusaha melarikan diri namun akhirnya dikeroyok oleh sejumlah anggota Brimob. 

Baca Juga: 2 Kelompok Terlibat Bentrok Pakai Senjata Tajam di Pesta Pernikahan



Sumber : Kompas TV, Antara, Tribun News



BERITA LAINNYA



Close Ads x