Kompas TV nasional politik

Gibran Sebut PDIP Masih Favorit di Pilkada Surakarta: Banyak Tokoh Juga yang Mendaftar

Kompas.tv - 17 April 2024, 08:42 WIB
gibran-sebut-pdip-masih-favorit-di-pilkada-surakarta-banyak-tokoh-juga-yang-mendaftar
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Solo, Jawa Tengah, Jumat (16/2/2024). (Sumber: KOMPAS.com/Labib Zamani)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

SURAKARTA, KOMPAS.TV – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih menjadi favorit dalam kontestasi Pemiihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Surakarta 2024.

Pernyataan itu disampaikan oleh Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Surakarta sekaligus calon wakil presiden nomor urut 2 di Pilpres 2024.

”Oh iya (masih favorit). Pasti-pasti,” kata Gibran, dikutip Kompas.id, Selasa (16/4/2024).

Menurut Gibran, sudah banyak tokoh yang mendaftar sebagai kandidat wali kota maupun wakil wali kota melalui PDIP.

”Ya, sudah ramai (yang mendaftar). Banyak tokoh juga yang mendaftar,” kata Gibran, menjawab pertanyaan soal penjaringan bakal calon kepala daerah yang dilakukan Dewan Pimpinan Cabang PDI-Perjuangan Kota Surakarta,

Diketahui, hingga Senin (15/4/2024) sudah ada lima calon kandidat yang mendaftarkan diri melalui partai berlambang banteng tersebut.

Baca Juga: Gibran Ingin Bertemu Para Tokoh, Ganjar: Pintu Saya Tidak Pernah Tertutup

Dari lima pendaftar, dua orang melamar jabatan wali kota, sedangkan tiga lainnya mendaftara untuk posisi wakil wali kota.

Pendaftar pada jabatan wali kota adalah Ginda Ferachtriawan dan Rudi Indarto. Ginda merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surakarta periode 2019-2024 dari PDI-P, sedangkan Rudi berlatar belakang pengusaha kuliner.

Sementara pendaftar pada jabatan wakil wali kota adalah Wawanto, Widadi, dan Kusumo Putro. Wawanto merupakan anggota DPRD Kota Surakarta periode 2019-2024 dari PDI-P, sementara Widadi adalah pengusaha dan Kusumo yang berprofesi sebagai pengacara.

”Bagus. Semakin banyak pilihan semakin bagus,” kata Gibran.

Hal yang hampir sama disampaikan oleh Ketua DPC PDI-P Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo. Ia mengaku bersyukur karena partainya masih diminati banyak orang.

”Saya bersyukur karena PDI-P masih diminati dan diberi kepercayaan oleh masyarakat untuk proses penjaringan dan penyaringan bakal calon wali kota dan wakil wali kota,” kata Rudyatmo.

Diketahui pada Pemilu 2024 PDIP meraih 20 kursi dari 45 yang ada di DPRD Kota Surakarta.

Meski perolehan suara PDIP berkurang 10 kursi jika dibandingkan kontestasi pada 2019, partai itu masih menjadi peraih kursi terbanyak di DPRD Surakarta.


Jumlah kursi yang ada saat ini, kata Rudy, membuat partainya bisa mengajukan calonnya sendiri. Sebab, untuk mengusung kanidat sendiri, dibutuhkan minimal sembilan.

Pihaknya pun belum menjalin komunikasi ke partai politik lainnya terkait pilkada. Namun, ia mempersilakan partai-partai lain bergabung jika ingin turut serta mendukung kandidat yang mereka pilih.

Baca Juga: Cak Imin Ikut Sedih Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali Ditetapkan sebagai Tersangka Korupsi oleh KPK

”Sampai hari ini, kami belum (komunikasi dengan partai lain). Kami masih konsentrasi untuk putusan Mahkamah Konstitusi (terkait gugatan kecurangan Pilpres 2024) dan menjalankan instruksi DPP PDIP,” kata Rudyatmo.



Sumber : Kompas.id



BERITA LAINNYA



Close Ads x