Kompas TV nasional peristiwa

Prakiraan Cuaca BMKG: Waspada Hujan Lebat dan Petir di Sejumlah Wilayah Hari Ini

Kompas.tv - 17 April 2024, 10:12 WIB
prakiraan-cuaca-bmkg-waspada-hujan-lebat-dan-petir-di-sejumlah-wilayah-hari-ini
Ilustrasi hujan lebat. (Sumber: scroll.in)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat yang disertai kilat petir di sejumlah wilayah Indonesia, Rabu (17/4/2024). Peringatan dini dikeluarkan untuk wilayah Aceh, Lampung, dan Maluku Utara yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir.

Sebagaimana dilaporkan Antara, BMKG memberikan peringatan terkait risiko hujan sedang hingga lebat di berbagai daerah lain, seperti Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, Gorontalo, Jambi, dan Jawa Timur.

Baca Juga: Kata PKS dan NasDem soal Anies Baswedan Maju Pilgub DKI Jakarta

Kemudian Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Maluku, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, dan Sumatra Utara.

Sementara itu, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Selatan juga diperkirakan akan menghadapi risiko hujan disertai petir. Adapun Nusa Tenggara Timur diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang juga disertai kilat dan petir.

Baca Juga: Hilang Sejak 30 Maret 2024, Pria Ditemukan Tewas Terkubur di Rumahnya

Untuk wilayah-wilayah lainnya, BMKG memberikan perkiraan cuaca sebagai berikut ini.

Pagi hari, diperkirakan cerah berawan di Banda Aceh, Serang, Bengkulu, Bandung, Semarang, Banjarmasin, Samarinda, Bandar Lampung, Mamuju, Padang, Palembang, dan Medan. Namun, hujan petir diperkirakan akan turun di Jambi.

Baca Juga: Gibran Ingin Bertemu Para Tokoh, Ganjar: Pintu Saya Tidak Pernah Tertutup

Siang hari, Makassar, Yogyakarta, Ambon, dan Jayapura diperkirakan akan diguyur hujan. Sementara Surabaya, Banjarmasin, Mataram, dan Manado diperkirakan akan mengalami hujan disertai petir. Medan dan Yogyakarta juga berpotensi mengalami hujan lebat pada siang hari.

Malam hari, Palembang diperkirakan akan disertai hujan petir, sedangkan Jakarta Timur diperkirakan akan diguyur hujan ringan.

Baca Juga: Pegawai Kementerian Dilaporkan Menghilang, Ternyata Dibunuh dan Jasadnya Dicor di Dalam Rumah

Di Jakarta, seluruh wilayah diperkirakan cerah berawan pada pagi hari. Namun, siang harinya, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur berpotensi mengalami hujan ringan. Sementara pada dini hari, seluruh wilayah di Jakarta diperkirakan cerah berawan, kecuali Kepulauan Seribu yang berpotensi mengalami hujan sedang.

Masyarakat diimbau untuk terus memantau perkembangan cuaca terkini dan mengikuti arahan dari pihak berwenang terkait potensi bencana hidrometeorologi.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x