Kompas TV nasional politik

Daftar Tokoh yang Digadang-gadang Akan Maju di Pilkada Jakarta

Kompas.tv - 17 April 2024, 14:25 WIB
daftar-tokoh-yang-digadang-gadang-akan-maju-di-pilkada-jakarta
Foto ilustrasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pemilu Serentak. (Sumber: TribunKaltara.com/Andi Pausiah)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Kontestasi Pilkada Jakarta masih menjadi rebutan bagi elite partai politik (parpol), meski nanti statusnya tak lagi menjadi ibu kota negara. Status Jakarta akan berubah menjadi daerah khusus ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan keputusan presiden (Keppres).

Hal itu sebagaimana tertuang dalam Pasal 39 Undang-Undang Nomor 3 tahun 2023 tentang Ibu Kota Negara (IKN). 

Pilkada Serentak 2024 akan berlangsung pada 27 November. Kini, sejumlah elite parpol pun sudah memasang kuda-kuda dengan melakukan manuver agar dirinya kian dikenal masyarakat Jakarta. 

Baca Juga: PDIP Jaring Nama-nama Potensial untuk Diusung di Pilkada Jakarta, Tri Rismaharini Disebut

Berikut deretan tokoh yang digadang-gadang akan maju di Pilkada Jakarta:

1. Ridwan Kamil 

Mantan gubernur Jawa Barat itu dipertimbangkan oleh Partai Golkar untuk berkontestasi di Pilkada Jakarta. Hal itu dikatakan langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. 

Airlangga mengatakan, dirinya masih mempertimbangkan sosok pria yang disapa Kang Emil itu untuk maju di Pilkada Jakarta. 

"Kang Emil sudah datang Jakarta, tapi tentu kita evaluasi juga Jawa Barat," kata Airlangga Kamis (11/4/2024).

Dia mengaku akan melihat tren perkembangan hasil survei untuk memastikan nama Ridwan Kamil diusung di mana. 

Airlangga menyatakan nama-nama yang telah diberikan penugasan dipersilakan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

"Nama itu nanti akan dikerucutkan dalam tiga kali survei ke depan. Salah satunya survei awal di bulan Mei, ada di bulan Juli dan bulan Agustus," kata Airlangga.

2. Anies Baswedan 

Nama Anies Baswedan kembali muncul meramaikan Pilkada Jakarta setelah Partai Nasdem membuka peluang untuk mengusung Anies di pesta demokrasi tersebut. 

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sempat berdiskusi dengan calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan terkait peluang kembali maju di Pilkada Jakarta 2024.

Dia menuturkan, Surya Paloh membuka pintu kembali jika Anies Baswedan ingin kembali bertarung memperebutkan kursi nomor satu di Jakarta itu.
 
"Komunikasi sudah. Kita cek ombak sama Mas Anies. (berdiskusi dengan) Mas Anies 18 Maret, itu Pak Surya menyampaikan politik ini kan kartu enggak boleh mati. Kalau Bung Anies mau maju Pilkada, monggo NasDem siap," kata Willy di Nasdem Tower, Senin (15/4/2024).

Namun, Anies menegaskan dirinya masih fokus dalam permohonan gugatan sengketa pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK). Ia tidak berpikir lain hal, terkecuali menunggu putusan final dari MK. 

"Kita sekarang kita lagi menunggu MK, jadi kita semua fokusnya di situ," ujar Anies saat ditemui di kediamannya, Selasa (16/4/2024) malam, dikutip dari laporan jurnalis KompasTV.

3. Ahmad Sahroni



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x