Kompas TV nasional politik

Prabowo: Kita Telah Menerima Mandat dari Rakyat dan Siap Menjalankannya

Kompas.tv - 19 April 2024, 08:04 WIB
prabowo-kita-telah-menerima-mandat-dari-rakyat-dan-siap-menjalankannya
Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto tiba di tempat pemungutan suara di Desa Bojong Koneng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024). (Sumber: Vincent Thian/Associated Press)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden terpilih Prabowo Subianto mengaku dirinya siap menjalani mandat dari rakyat setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkannya menjadi pemenang Pilpres 2024 bersama Gibran Rakabuming Raka. 

"Kita sungguh-sungguh mengerti keadaan, kita telah menerima mandat dari rakyat secara luar biasa. Dan kami siap menjalankan mandat tersebut," kata Prabowo dalam keterangan pers melalui video yang diterima, Kamis (18/4/2024) malam.

Ia mengimbau kepada seluruh pendukungnya untuk tak melakukan aksi apapun jelang putusan sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi atau MK. 

Baca Juga: Dapat Instruksi dari Prabowo, Relawan dan Pendukung Batal Gelar Aksi Damai di MK

"Saudara-saudara sekalian, saya Prabowo Subianto meminta dengan sungguh-sungguh kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya 96,2 juta rakyat Indonesia yang telah memilih pasangan Prabowo-Gibran untuk tidak melakukan aksi apa pun di depan gedung Mahkamah Konstitusi ataupun di tempat-tempat lain, apalagi di jalanan demi menjaga kesejukan demokrasi menjaga persatuan dan keutuhan bangsa menjaga kerukunan antar-seluruh rakyat Indonesia," kata Prabowo.

Menteri Pertahanan itu meminta para pendukung dan pemilih Prabowo-Gibran untuk selalu waspada, hati-hati, serta tidak terpancing dan terprovokasi oleh pihak mana pun. 

"Berkali-kali saya ingatkan dengan kerukanan di antara kita, dengan rasa persatuan, dengan kearifan, dengan kesejukan Indonesia akan mencapai cita-cita bangsa," katanya. 

Prabowo mengajak seluruh pendukung dan pemilihnya untuk untuk memiliki sikap cinta tanah air, dan sayang kepada rakyat Indonesia. 

"Hal ini tidak berarti bahwa kita lemah, tidak. Justru orang yang kuat adalah orang yang dapat mengendalikan perasaannya. Pihak yang kuat adalah pihak yang bisa menahan diri," ujarnya.

Ia menyadari bila tuduhan dugaan kecurangan yang dilakukan terhadap dirinya dan Gibran memang datang bertubi-tubi.

Baca Juga: Pendukung Ingin Aksi Damai di MK, Prabowo: Demi Persatuan Saya Minta Tidak Lakukan Aksi Apapun

"Kita sadari bersama bahwa itu adalah tuduhan yang tidak mendasar. Kami dapat memahami bahwa pendukung Prabowo-Gibran, para pemilih Prabowo-Gibran sungguh amat terganggu dan memiliki reaksi yang cukup menyentuh hati terhadap tuduhan-tuduhan tersebut," katanya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x