Kompas TV nasional peristiwa

Chico Hakim: PDI Perjuangan Siap Berada di Luar Pemerintahan

Kompas.tv - 23 April 2024, 10:46 WIB
chico-hakim-pdi-perjuangan-siap-berada-di-luar-pemerintahan
Jubir TPN Ganjar-Mahfud, Chico Hakim, mengkhawatirkan ketidaknetralan aparat dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dalam program Kompas Petang Kompas TV, Senin (13/11/2023). (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - PDI Perjuangan menyatakan siap berada di luar pemerintahan Prabowo-Gibran.

Hal tersebut disampaikan oleh Politisi PDIP Chico Hakim dalam dialog Sapa Indonesia Pagi Kompas TV, Selasa (23/4/2024).

“Sampai hari ini memang hawanya adalah PDIP Perjuangan siap berada di luar pemerintahan, sampai hari ini,” kata Chico.

“Itu juga yang saya dengar dari suara-suara akar rumput dan tataran elite, tidak satupun saya mendengar suara yang mengatakan ayo kita bergabung dengan koalisi manapun,” ujarnya.

Menurut Chico, pilihan berada di luar pemerintahan sebagai oposisi juga bagian dari kerja sama dengan pemerintah untuk memberikan sumbangsih yang terbaik bagi bangsa.

Baca Juga: Kalah Gugatan, PDIP Tuding MK Legalkan Indonesia Jadi Negara Kekuasaan: Masuk ke dalam Kegelapan

“Tetapi kembali lagi ini juga bagian dari kerja sama, bahu-membahu dengan mereka-mereka yang memilih untuk berada di dalam koalisi pemerintahan atau sebagai pemenang yang ditetapkan oleh Mahkamah Konstitusi kemarin,” kata Chico.

“Jadi ini satu hal yang cukup biasa dalam sistem demokrasi dan suatu hal yang biasa juga bagi PDIP berjuang, untuk bangsa dan negara di luar pemerintahan dan ini sudah menjadi karakter kami yang siap untuk berada di mana pun dan siap memberikan yang terbaik bagi bangsa.”

Lebih lanjut, Chico dikonfirmasi tentang parpol-parpol yang selama ini ada dalam barisan sama dengan PDI-P mendukung Ganjar-Mahfud. Menurut Chico, koalisi parpol yang mendukung Ganjar-Mahfud akan dibubarkan dalam waktu dekat.

Sehingga apapun langkah politik parpol-parpol yang selama ini bersama PDI-P mendukung Ganjar-Mahfud, dikembalikan kepada karakter masing-masing partai politik.

Baca Juga: Tim Hukum Ganjar- Mahfud Berdoa Pemimpin yang Lakukan Kejahatan Pemilu Tak Kena Azab dan Murka Allah

“Saya rasa sebentar lagi kita sepertinya juga akan membubarkan diri ya, TPN Ganjar Mahfud sebagai Tim Pemenangan Nasional dan tentunya terkait dengan sikap dari masing-masing partai politik menjadi ranah partai politik tersebut sendiri,” kata Chico.

“Dan kita pahami memang setiap partai politik mempunyai karakternya yang masing-masing dan tidak ada yang salah dengan apa yang menjadi karakter, yang menjadi jati diri.”



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x