Kompas TV nasional peristiwa

BMKG Peringatkan Potesi Banjir Rob di Pesisir Banten, Jakarta, dan Jawa Tengah pada Senin 29 April

Kompas.tv - 29 April 2024, 06:00 WIB
bmkg-peringatkan-potesi-banjir-rob-di-pesisir-banten-jakarta-dan-jawa-tengah-pada-senin-29-april
Ilustrasi hujan (Sumber: Alvin Leopold on Unsplash)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi terjadinya banjir rob di Pesisir Banten, Jakarta, dan Jawa Tengah pada Senin (29/4/2024).

Penjelasan itu disampaikan oleh prakirawan BMKG Syndhy Indah Pratiwi, dalam unggahan di akun Instagram resmi BMKG, @infobmkg Minggu (28/4/2024).

Ia menuturkan, perkiraan tinggi gelombang di wilayah perairan Indonesia, secara umum berkisar antar 0,5 hingga 2,5 meter.

“Waspadai potensi banjir rob pada esok hari yang diprakirakan terjadi di pesisir Banten, Pessir Jakarta, dan Pesisir Jawa Tengah,” ucapnya.

Baca Juga: Banjir Rendam Ruas Jalan Utama Kota Tangerang, Jalan Alternatif Macet Parah

Untuk prediksi angin permukaan di wilayah Indonesia, kata Syndhy,  umumnya bertiup dari arah timur dengan kecepatan angin yang berkisar antara 5 hingga 40 kilometer per jam.

Selanjutnya, untuk suhu udara umumnya berkisar antara 20 hingga 34 derajat Celsius, dengan kelembaban berkisar antara 60 hinga 100 persen.

Selanjutnya, ia menjelaskan prakiraan cuaca untuk kota-kota besar di wilayah Indonesia.

“Untuk Pulau Sumatera, diprakirakan berkabut untuk kota Banda Aceh dan Pekanbaru.”

“Diprakirakan hujan dengan intensitas ringan untuk Kota Medan dan Kota Padang. Perlu diwaspadai potensi hujan disertai petir untuk Kota Tanjungpinang,” tambahnya.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x