Kompas TV nasional rumah pemilu

MK Sebut Arsul Sani Tak Gunakan Hak untuk Putuskan Sengketa Pileg 2024 yang Libatkan PPP

Kompas.tv - 29 April 2024, 12:07 WIB
mk-sebut-arsul-sani-tak-gunakan-hak-untuk-putuskan-sengketa-pileg-2024-yang-libatkan-ppp
Hakim Konstitusi Arsul Sani bersiap sebelum mengucapkan sumpah Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) di hadapan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/1/2024). (Sumber: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Mahkamah Konstitusi (MK) memastikan hakim MK Arsul Sani tak akan menggunakan haknya dalam menangani perkara yang melibatkan Partai Persatuan Pembangunan atau PPP. 

Namun, Arsul tetap diizinkan untuk memeriksa perkara yang terkait dan diajukan oleh PPP.

Sebelum menjadi hakim MK, Arsul merupakan mantan politikus partai berlambang Kabah tersebut. 

Baca Juga: Anwar Usman Kembali Bertugas di Sidang Sengketa Pileg 2024

Hal ini dikatakan Wakil Ketua MK Saldi Isra dalam sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) untuk Pileg 2024 pada Senin (29/4/2024).

"Perlu ditegaskan kepada semua yang hadir di ruangan ini yang mengikuti persidangan hari ini, karena ini ada pemohon dari PPP, dan ada juga mungkin pihak terkait terhadap PPP, diberitahukan bahwa posisi Pak Arsul itu akan tetap mengikuti persidangan tapi tidak akan menggunakan hak untuk memutus," ujar Saldi saat memimpin sidang di gedung MK, Senin (29/4/2024).

Saldi menjelaskan, Arsul masih mengikuti persidangan agar 3 panel hakim yang sudah dibagi MK kuorum. 

"Beliau tidak akan menggunakan hak untuk memutus permohonan ini dan semua yang bersentuhan dengan PPP apakah itu pemohon ataupun pihak terkait nanti beliau tidak akan mendalami kalau memang ada sesi pendalaman nanti."

"Kalau beliau (Arsul Sani) tidak ikut, maka akan menyebabkan kuorum di masing-masing panel menjadi tidak cukup. Oke ya, klir ya semuanya. Jadi posisi beliau akan mengikuti persidangan, tapi tidak akan memutus untuk semua perkara yang pemohonnya PPP, yang pihak terkaitnya juga ada PPP," ujarnya. 


Sebagai informasi, pembagian penanganan jumlah perkara, Panel I memeriksa 103 perkara, Panel II dan Panel III masing-masing memeriksa 97 perkara. 

Baca Juga: [FULL] Hakim Arsul Sani Bacakan Hasil Sidang Putusan Pemilu 2024: Bansos Sah Menurut Undang-undang

Lalu, sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan, MK diberikan waktu untuk menyelesaian perkara PHPU Legislatif paling lama 30 hari kerja sejak perkara teregistrasi. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x