Kompas TV nasional politik

Relawan Prabowo Gibran Daftarkan Kaesang di Pilkada Bekasi, Analis: Bagian dari Dinasti Jokowi

Kompas.tv - 8 Mei 2024, 20:18 WIB
relawan-prabowo-gibran-daftarkan-kaesang-di-pilkada-bekasi-analis-bagian-dari-dinasti-jokowi
Analis politik Ikrar Nusa Bhakti dalam dialog Kompas Petang, Kompas TV, Rabu (8/5/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pendaftaran Kaesang Pangarep, putra Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Depok oleh relawan Pro Prabowo-Gibran dinilai bagian dari dinasti.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh analis politik Ikrar Nusa Bhakti, dalam dialog Kompas Petang, Kompas TV, Rabu (8/5/2024) dengan tema Relawan Daftarkan Kaesang Maju Pilkada Bekasi Lewat PKB.

Dalam dialog itu, Ikrar menjawab pertanyaan tentang apa gambaran ke depan dengan kembali mendorong keluarga Jokowi bertarung di pilkada.

“Biar bagaimana pun saya masih menganggap bahwa ini adalah bagian dari dinasti Jokowi ya, walaupun memang untuk posisi Kaesang agak berbeda dengan Gibran,” ujarnya.

Baca Juga: Daftarkan Kaesang Ikut Pilkada Kota Bekasi, Relawan Prabowo Gibran: Keinginan Masyarakat

Kaesang, kata Ikrar, bisa saja maju tanpa terjadi rekayasa hukum atau rekayasa-rekayasa yang lain.

“Ataupun misalnya nanti akan menggunakan bansos beras dan sebagainya dan sebagainya, seperti yang sudah disitir oleh gubernur petahana atau mantan Gubernur Sumatera Utara mengenai majunya Bobby di Sumatera Utara,” ucapnya.

Ia kemudian menambahkan, selama ini wakil rakyat di Kota Bekasi banyak yang berasal dari Golkar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Dan kenapa juga misalnya relawan dari Jokowi itu tidak bisanya mencari dukungan dari PKS karena bagaimana pun yang menjadi wali kota di Bekasi ini kalau nggak berasal dari Golkar, dari PDIP, atau dari PKS, atau koalisi di antara partai-partai tersebut.”

“Walaupun kita tahu Bekasi juga memiliki sejarah yang cukup suram mengenai wali kotanya, kenapa demikian? Karena kalau nggak salah paling tidak ada dua wali kota Bekasi terkena kasus korupsi,” ujarnya.

Menanggapi pernyataan Ikrar, Ketua Umum Relawan Pro Prabowo Gibran, Ricard Efendi mengatakan bahwa pihaknya mendaftarkan kaesang untuk maju di Pilkada Bekasi bukan untuk membangun dinasti Jokowi.

“Kita mau mencoa mematahkan pendapat ini membangun dinasti Pak Jokowi untuk mendukung Mas Kaesang maju di Pilkada Bekasi. Ini keinginan murni dari masyarakat,” tuturnya.

Baca Juga: Respons Jokowi saat Kaesang Didorong Ikut Pilwakot Bekasi: Tanyakan PSI, Itu Urusan Partai

Sebelumnya, pada Senin (6/5/2024) Relawan Pro Prabowo Gibran  mengambil formulir pendaftaran penjaringan bakal calon wali kota di DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk Kaesang.

Ricard Efendi mengatakan, masyarakat Bekasi yang mendorong pihaknya untuk mengambil formulir itu, yang nantinya akan disampaikan ke Kaesang.


Menurutnya, dukungan masyarakat jadi modal penting yang bisa digunakan Kaesang untuk bisa memimpin Kota Bekasi.

"Di Kota Bekasi PSI kan sudah ada kursi (DPRD) itu modal partai tapi yang paling utama adalah modal keinginan masyarakat itu yang modal utamanya," kata dia, dikutip Tribunnews.com.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x