Kompas TV nasional humaniora

Kemenag Sebut Calon Haji 2024 yang Hamil Bisa Tunda Keberangkatan hingga 2025

Kompas.tv - 25 Mei 2024, 03:45 WIB
kemenag-sebut-calon-haji-2024-yang-hamil-bisa-tunda-keberangkatan-hingga-2025
Ilustrasi. Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan calon haji yang sudah terdaftar berangkat tahun 2024, namun menunda keberangkatannya karena hamil, dapat diberangkatkan pada tahun 2025. (Sumber: Kemenag)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

SURABAYA, KOMPAS.TV - Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan calon haji yang sudah terdaftar berangkat tahun 2024, namun menunda keberangkatannya karena hamil, dapat diberangkatkan pada 2025.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya Abdul Haris saat ditanya wartawan usai melepas keberangkatan jemaah haji kloter 50 di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (24/5/2024). 

"Ada satu orang yang tunda berangkat dari kloter 50. Tunda tahun ini jadi tahun depan karena kebetulan hamil. Dan ini adalah pilihan karena yang bersangkutan itu sudah menikah selama 15 tahun, belum pernah hamil, dan baru tahu hamil anak pertama saat menjelang keberangkatan sehingga memilih untuk menunda keberangkatannya," terang Haris, dikutip dari laman resmi Kemenag. 

"Dibedakan ya antara gagal berangkat dengan tunda berangkat. Tunda berangkat tahun ini jadi berangkat tahun depan. Meskipun tidak jadi tahun ini, tahun depan diberi berangkat," tambahnya. 

Baca Juga: Jamaah Haji Lansia Tahun Ini akan Duduk Dikursi Bisnis

Ia menyampaikan, calon haji dari kloter 5 yang mengalami penundaan keberangkatan itu sudah memasuki usia kehamilan lebih dari 26 minggu.

Sedangkan usia kehamilan yang masih layak naik pesawat adalah tidak lebih dari 26 minggu. 

"Karena memang hamilnya sudah lebih dari 26 minggu. Karena untuk batasan hamil yang masih bisa berangkat atau layak terbang adalah yang 14 minggu ke atas atau 26 minggu ke bawah," tutur Haris.

Haris mengatakan kuota jemaah yang keberangkatannya ditunda, akan diisi oleh calon haji yang terdaftar dalam kuota cadangan. 

"Kita isi dari cadangan, nanti kita akan naikkan menjadi porsi berangkat. Sehingga kita menghindari adanya open seat," ucapnya. 

Baca Juga: Penerbangan Haji Telat hingga Ditegur Kemenag, Ini Respons Garuda Indonesia

Jemaah Haji Mulai Tiba di Makkah

Sementara jemaah haji Indonesia gelombang II mulai tiba di Kota Makkah Al-Mukaramah, Arab Saudi.

Ini ditandai dengan kedatangan jemaah haji kelompok terbang (kloter) 27 embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG-27) di Hotel Menara Al-Mena Makkah pada Jumat (24/5/2024) pukul 05.30 waktu setempat.

"Alhamdulillah Daerah Kerja (Daker) Makkah per hari ini sudah menerima 76 kloter dari Madinah, dan mulai menerima kedatangan jemaah gelombang ke-2 dari Jeddah," jelas Kepala Daker Makkah Khalilurrahman di Makkah, Jumat (24/5/2024).



Sumber : KOMPAS TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x