Kompas TV nasional politik

Megawati Bicara Sikap Politik PDI-P di Pemerintahan Prabowo-Gibran: Harus Dicermati dengan Seksama

Kompas.tv - 25 Mei 2024, 10:46 WIB
megawati-bicara-sikap-politik-pdi-p-di-pemerintahan-prabowo-gibran-harus-dicermati-dengan-seksama
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat menghadiri kampanye akbar Ganjar-Mahfud di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (8/2/2024). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan atau PDI-P Megawati Soekarnoputri angkat bicara ihwal sikap politik partainya dalam menyikapi pemerintahan Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. 

Megawati mengaku belum bisa memutuskan dan mengumumkannya ke publik. Sebab, dirinya ingin mendengar aspirasi dari para kader partai berlambang kepala banteng moncong putih tersebut. 

Hal tersebut ia sampaikan ketika berpidato politik dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V PDI-P di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta Utara, Jumat (24/5/2024) kemarin.

Baca Juga: Begini Jawab Megawati soal Oposisi atau Koalisi di Pemerintahan Prabowo

"Lalu bagaimana sikap PDI-P terhadap pemerintahan ke depan? tentu harus dicermati Dengan seksama. Partai harus mendengarkan semua suara akar rumput dari yang berteriak-teriak sampai sayup-sayup dan terus berjuang bagi terlembaga demokrasi yang sehat inilah bagian daripada skala prioritas di Rakernas V," kata Megawati. 

Menurut dia, dalam sebuah negara demokrasi itu diperlukan sebuah kontrol atau pengawasan dari para elite politik. 

"Di dalam menyikapi politik ke depan sebagai partai yang memiliki sejarah panjang di dalam memperjuangkan demokrasi kita tetap menempatkan penting adanya check and balance bahwa demokrasi memerlukan kontrol dan penyeimbang," ujarnya, dikutip dari tayangan VOD KompasTV.

Megawati pun meyebut bila politik itu merupakan cara untuk mendapatkan sebuah kekuasaan tertinggi. Namun, pihaknya akan selalu menggunakan cara-cara yang sesuai dengan konstitusi dalam memperoleh kekuasaan tersebut. 

"Namun kita tidak juga menafikan bahwa berpolitik mengandung esensi untuk selalu mendapatkan kekuasaan. hanya bedanya apa toh, yaitu strategi dan cara untuk mendapatkan kekuasaan lah yang membedakan kita dengan yang lainnya," katanya. 

Selain itu, ia juga menyinggung soal perekonomian rakyat Indonesia. Ia berharap agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhan ekonomi dan mendapat kehidupan yang layak.

Baca Juga: Program Makan Siang Gratis Prabowo Berubah Nama Jadi Makan Bergizi Gratis, Apa Maknanya?

"Ini apa yang saya pikirkan saat ini, lebih pada tanggung jawab agar berbagai persoalan yang berkaitan dengan perekonomian rakyat, mendapat perhatian serius perekonomian jangan dipersempit sebagai upaya mengundang investor perekonomian bersentuhan dengan hak rakyat untuk mendapatkan pekerjaan, penghidupan yang layak, ketersediaan pangan dengan harga terjangkau dan bagaimana merancang jalan Indonesia yang tentunya dapat dapat dan dapat berdiri di atas kaki sendiri," tegas Megawati Soekarnoputri.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x