Kompas TV nasional rumah pemilu

Peluang Ahok Lawan Bobby di Pilgub Sumut 2024: Gerindra Siap, PDI-P Tunggu Survei

Kompas.tv - 28 Mei 2024, 23:37 WIB
peluang-ahok-lawan-bobby-di-pilgub-sumut-2024-gerindra-siap-pdi-p-tunggu-survei
Kolase mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Wali Kota Medan Bobby Nasution. Keduanya didorong untuk maju di Pilgub Sumut 2024. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wali Kota Medan Bobby Nasution telah memantapkan diri untuk maju di pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) Sumatera Utara dalam Pilkada serentak 2024. 

Bobby sudah mendaftarkan diri sebagai bakal calon kepala daerah untuk Pilgub Sumut 2024 di partai yang sebelumnya gabung di Koalisi Indonesia Maju (KIM), seperti Demokrat, Gerindra, PAN dan Golkar.

Rencananya menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu akan mendaftar ke PKB, Partai NasDem, PPP dan Hanura.

Belakangan berkembang wacana PDI-Perjuangan untuk mencalonkan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Pilgub Sumut. 

Di rakernas PDI-P ke-V, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri juga sudah memberikan tugas kepada Ahok untuk membantu di Pilkada serentak 2024. 

Baca Juga: Tanggapan Bobby Nasution soal Wacana Ahok Maju di Pilkada Sumut

Lantas Benarkah Ahok akan berhadapan dengan Bobby di Pilgub Sumut 2024? 

Politisi PDI-P Chico Hakim menjelaskan, saat ini DPP PDI-P belum menentukan siapa-siapa saja kader atau di luar partai yang akan diusung dan didukung.

Termasuk peluang Ahok diusung PDI-P di Pilkada 2024. 

Menurutnya, saat ini DPP PDI-P masih menerima pendaftaran bakal calon kepala daerah dan setelah itu akan ada proses penyaringan di internal partai. 

"Kita semua masih menunggu. Tetapi kalau bicara Pak Ahok dengan pengalamannya dan rekam jejak memimpin Jakarta akan bermanfaat di daerah manapun," ujar Chico di program Sapa Indonesia Pagi KOMPAS TV, Selasa (28/5/2023).

Chico menambahkan, selain nama Ahok, ada nama Djarot Saiful Hidayat yang menjadi pertimbangan untuk diusung dalam Pilgub Sumut. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x