Kompas TV nasional peristiwa

Uji Coba Taksi Terbang untuk IKN Akan Dilakukan Juli 2024

Kompas.tv - 29 Mei 2024, 20:30 WIB
uji-coba-taksi-terbang-untuk-ikn-akan-dilakukan-juli-2024
Ilustrasi. Taksi terbang milik perusahaan asal China diuji coba di Dubai, Uni Emirat Arab pada Senin (10/10/2022). (Sumber: AP)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kendaraan mobilitas perkotaan, sky taxi atau taksi terbang, yang direncanakan menjadi showcase di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah tiba di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 9 Mei 2024 lalu.

Taksi terbang dengan jenis optionally piloted personal/passenger air vehicle (OPPAV) merupakan kendaraan yang dikembangkan oleh Korea Aerospace Research Institute (KARI) dan Hyundai Motors Company (HMC).

“Barangnya sudah sampai di Balikpapan, minggu depan dibuka kemudian dirakit, setelah dirakit nanti kita akan coba,” kata Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, seperti dilansir Kompas.com, Rabu (29/5/2024).

Taksi terbang KARI-Hyundai yang dikirimkan dalam beberapa pallet itu kini telah disimpan di Pelabuhan Semayang, Balikpapan.

Baca Juga: Taksi Terbang "Volocity" Ikut Ramaikan Paris Air Show 2023

Sementara baterai untuk kendaraan tersebut sudah berada di Jakarta dan direncanakan tiba di Samarinda pada 6 Juni 2024.

Pembukaan pallet dan inspeksi kendaraan akan dilakukan oleh Hyundai, Bea Cukai Kalimantan wilayah Timur, serta Otorita IKN di Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda pada awal Juni mendatang.

Proses ini menandai dimulainya tahap pengurusan izin impor sementara.

Bambang menyatakan kesempatan untuk melihat dan mempelajari taksi terbang ini merupakan pengalaman yang berharga. 

"Teman-teman di Samarinda bisa lihat nanti. Uji coba dulu, kita lihat, uji cobanya bagus atau engga, nanti ada evaluasi tentang kinerja, evaluasi teknis di situlah saya mengharapkan teman-teman dari civitas akademika lokal juga dilibatkan," ujarnya.

Baca Juga: Puan Ingatkan Pemerintah soal Penyelesaian IKN: Harus Perhatikan Kemampuan Uang Negara



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x