Kompas TV nasional politik

Selain Anies, 2 Sosok Ini Dipertimbangkan PDI-P untuk Diusung di Pilkada Jakarta

Kompas.tv - 6 Juni 2024, 17:20 WIB
selain-anies-2-sosok-ini-dipertimbangkan-pdi-p-untuk-diusung-di-pilkada-jakarta
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (Sumber: Syakirun Niam/Kompas.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - DPP PDI Perjuangan atau PDI-P masih mencari sosok untuk diusung maju dalam Pilkada Jakarta 2024. Setidaknya, ada tiga nama yang sedang dipertimbangkan oleh partai berlambang kepala banteng moncong putih tersebut. 

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI-P Hasto Kristiyanto mengakui bila nama mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan dipertimbangkan untuk diusung oleh partainya.

Namun, untuk di Jakarta, pihaknya tak ingin terburu-buru dalam memutuskan sosok bakal calon gubernur yang akan didukung dalam pesta demokrasi nanti.

Baca Juga: Puan Sebut PDI-P Tertarik Usung Anies di Pilkada Jakarta, Ini Alasannya

"Jakarta sangat dinamis. Apalagi juga ada konsep aglomerasinya sehingga muncul nama-nama. Mbak Puan kemarin menyebut Mas Anies itu menarik kemudian ada muncul nama Mas Pramono Anung, yang memang mempunyai pengalaman yang luas dan masih representasi orang-orang muda juga," ujar Hasto di Sekolah Partai PDI-P, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2024).

Hasto menyebut, pihaknya juga mempetimbangkan kader internalnya yang juga sekaligus Menteri Sekretaris Kabinet (Menseskab) Pramono Anung. Dirinya menilai Pramono memiliki rekam jejak yang baik selama berkarir dunia politik. 

"Mas Pram ini kalau naik sepeda speed-nya bisa 32 km per jam, jadi masih gigih speed. Kemudian dari sisi pengalamannya sangat luas," tandas Hasto.

Selain Anies dan Pramono, kata Hasto, terdapat usulan untuk mengajukan nama mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa. Apalagi, 

"Ada nama Mas Andika Perkasa. Ketika Ibu (Megawati Soekarnoputri) mengumumkan Mas Andika Perkasa ini bergabung ke PDIP, itu responsnya juga sangat luas," ungkap dia.

Menurut dia, dinamika politik di Jakarta amat dinamis. Sehingga PDI-P terus melakukan penjaringan nama-nama bakal calon gubernur.

"Secara dinamis dilakukan pemetaan politik dan partai juga mengkonsolidasikan seluruh jajarannya sehingga ketika keputusan itu muncul semua langsung bergerak," ujar Hasto Kristiyanto.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI-P Puan Maharani mengakui kalau partainya tertarik untuk mengusung Anies dalam Pilkada Serentak 2024. 

Ia menyebut, nama Anies memang dipertimbangkan partai berlambang kepala banteng moncong putih itu dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut. 

Baca Juga: Puan Nilai Anies Menarik untuk Pilkada, Pengamat: Karena Kader PDIP Belum Ada yang Kompetitif

"Menarik juga Pak Anies (diperhitungkan untuk Pilkada Jakarta)," kata Puan Maharani di gedung DPR, Jakarta, Selasa (4/6) kemarin.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x