Kompas TV nasional hukum

Profil Tessa Mahardhika Sugiarto, Jubir KPK Baru Penggati Ali Fikri Lengkap dengan LHKPN

Kompas.tv - 8 Juni 2024, 21:33 WIB
profil-tessa-mahardhika-sugiarto-jubir-kpk-baru-penggati-ali-fikri-lengkap-dengan-lhkpn
Jubir Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Tessa Mahardhika Sugiarto saat mengingatkan calon anggota legislatif terpilih untuk menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 21 hari sebelum dilantik, Jumat (7/6/2024). (Sumber: KOMPAS.com/Syakirun Niam)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencopot Ali Fikri dari jabatan juru bicara atau jubir penindakan dan kelembagaan. 

Posisi Ali kini diisi oleh penyidik Tessa Mahardhika Sugiarto. Ke depan Tessa akan mengantikan peran Ali sebagai jubir lembaga antirasuah.

KPK resmi memperkenalkan Tessa Mahardhika Sugiarto sebagai Juru Bicara KPK menggantikan Ali Fikri dan Ipi Maryati Kuding, Jumat (7/6/2024).

Ketua sementara KPK Nawawi Pomolango menjelaskan, penunjukan Tessa sebagai jubir KPK sudah dalam pertimbangan. 

Ia juga memastikan tidak ada benturan kepentingan saat Tessa memberikan keterangan terkait proses hukum yang sedang ditangani KPK.

Baca Juga: Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto Dipanggil KPK soal Harun Masiku! Apa Agendanya?

Diketahui, Tessa Mahardhika Sugiarto merupakan mantan anggota Polri dan memilih menjadi pegawai negeri yang dipekerjakan (PNYD) di KPK. 

"Mas Tessa sejak 2017 mundur dari Polri untuk menjadi pegawai tetap di KPK. Sejak mundur dari Polri, Tessa menjadi PNYD di KPK," ujar Nawawi saat dikonfirmasi, Sabtu (8/6/2024), dikutip dari Kompas.com

Nawawi berharap Tessa selaku Jubir KPK yang baru akan bersikap objektif. Selain itu, Tessa diharapkan bisa terlepas dari benturan kepentingan. 

"Kita berharap dalam posisinya sebagai jubir, yang bersangkutan tidak akan terhadapkan pada situasi benturan-benturan kepentingan dengan pihak lembaga lainnya," ujar Nawawi.

Profil Tessa Mahardhika

Tessa diketahui merupakan penyidik tindak pidana korupsi ahli madya KPK. Ia merupakan mantan anggota Polri.

Tessa meraih gelar sarjana di bidang Ilmu Kepolisian dan gelar magister di bidang Komunikasi.

Tessa pernah hadir dalam konferensi pers kasus korupsi anggota Komisi II DPR RI, Miryam S Haryani, pada 1 Mei 2017 lalu, bersama Febri Diansyah yang saat itu menjabat Jubir KPK.

Pada 2020, Tessa juga pernah mengikuti seleksi untuk jabatan Direktur Pengaduan Masyarakat (Dumas) KPK dan tercatat pernah mengikuti seleksi Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah I Madya pada 2023.

Baca Juga: Polemik Pengelolaan Dana Pendidikan, Anggota DPR Minta KPK Periksa Anggaran Kemendikbud



Sumber : Kompas TV/Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x