Kompas TV nasional hukum

Tim Kuasa Hukum Hasto Bakal Lapor ke Dewas, KPK: Pemeriksaan Sudah Sesuai SOP

Kompas.tv - 10 Juni 2024, 21:09 WIB
tim-kuasa-hukum-hasto-bakal-lapor-ke-dewas-kpk-pemeriksaan-sudah-sesuai-sop
Juru Bicara atau Jubir KPK, Budi Prasetyo saat memberikan keterangan pers di Gedung KPK, Senin (10/6/2024). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menanggapi respons tim kuasa hukum Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto yang akan melapor ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK terkait penyitaan handphone (HP). Hasto diperiksa KPK pada Senin (10/6/2024).

Juru bicara (jubir) KPK, Budi Prasetyo, menyebut pihaknya menghormati langkah yang akan ditempuh tim kuasa hukum Hasto tersebut.

"Pelaporan terhadap Dewas tentu itu menjadi hak setiap masyarakat, ketika mengetahui misalnya adanya dugaan pelanggaran etik sebagaimana kewenangan di Dewas, tentu kami juga menghotmati hal tersebut," kata Budi di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin malam.

Meski demikian, ia menekankan pemeriksaan Hasto di KPK telah sesuai degan prosedur.

"Namun perlu kami pastikan bahwa setiap proses pemeriksaan sudah dilakukan sesuai SOP (standard operating procedure/prosedur operasi standar) dan mekanismenya," tegasnya.

Seperti diketahui, KPK mengonfimasi telah menyita HP Hasto yang diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap dengan tersangka Harun Masiku.

Budi mengatakan penyitaan ponsel dilakukan penyidik untuk menemukan bukti-bukti.

"Penyitaan HP milik saudara H adalah bagian dari kewenangan penyidik dalam rangka mencari bukti-bukti terjadinya peristiwa tipikor dimaksud," jelasnya.

Tak hanya HP, penyidik KPK juga menyita catatan dan agenda milik Hasto.

Baca Juga: Penyidik KPK Sita HP Staf Hasto, Kuasa Hukum Bakal Lapor ke Dewas: Ini Kejahatan terhadap Hukum



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x