Kompas TV nasional humaniora

Dokter Minta Jemaah Haji Waspadai Selulitis, Infeksi Bakteri pada Kulit terutama di Kaki

Kompas.tv - 11 Juni 2024, 04:30 WIB
dokter-minta-jemaah-haji-waspadai-selulitis-infeksi-bakteri-pada-kulit-terutama-di-kaki
Jemaah haji asal Indonesia di Arab Saudi pada Juni 2024. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Perhimpunan Kedokteran Haji Indonesia (Perdokhi) mengungkapkan selulitis rentan dialami para jemaah haji, terutama yang memiliki komorbid diabetes melitus.

Dikutip dari laman Cleveland Clinic, selulitis adalah infeksi bakteri pada kulit dan jaringan di bawah kulit. Ini paling sering memengaruhi bagian bawah tubuh, termasuk tungkai, kaki, dan jari kaki.

"Inilah yang sering membahayakan, adanya selulitis pada jemaah kita. Jemaah kita rata-rata sudah tua, memiliki komorbid misalnya diabetes melitus," kata Ketua Pengurus Pusat Perdokhi DR. Dr. Syarief Hasan Lutfie, SpKFR, MARS, AIFO-K dalam media briefing mengenai "Persiapan Kesehatan Jemaah Haji" pada Jumat (7/6/2024) lalu.

Oleh karena itu, Dr. Syarief mengingatkan kepada jemaah haji Indonesia agar memperhatikan kondisi kaki, seperti tidak sembarangan bertelanjang kaki.

Baca Juga: Petugas Kesehatan Disiagakan Dampingi Jemaah Haji Lansia Selama Ibadah Haji

Ia mengatakan jemaah haji yang memiliki komorbid diabetes melitus dan bertelanjang kaki selama berjalan di Tanah Suci, berpotensi mengalami luka di kaki tanpa disadari.

"Tahu-tahu (kakinya) borok semua, sehingga berubah menjadi ulkus. Sulit ditangani akhirnya sampai pada selulitis. Itu banyak sekali kasusnya," ujarnya, dikutip Kompas.com.

Suhu panas di Arab Saudi bisa mencapai lebih dari 40 derajat celsius, sangat berbeda dibandingkan dengan di Indonesia.



Sumber : Kompas.com, Cleveland Clinic



BERITA LAINNYA



Close Ads x