Kompas TV nasional politik

Bertemu Jokowi, MRP: Kami Minta Bupati hingga Wali Kota dari Orang Asli Papua di Pilkada 2024

Kompas.tv - 12 Juni 2024, 15:44 WIB
bertemu-jokowi-mrp-kami-minta-bupati-hingga-wali-kota-dari-orang-asli-papua-di-pilkada-2024
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers usai menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri di GOR Ahmad Yani, Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Majelis Rakyat Papua (MRP) meminta orang asli Papua diberi kesempatan untuk maju dalam Pilkada Serentak 2024.

Hal tersebut diungkapkan Koordinator MRP sekaligus Ketua MRP Papua Tengah Agustinus Anggaibak usai bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (12/6/2024).

“Kami minta supaya besok juga pemilihan serentak ini bupati, wakil bupati, wali kota, wakil wali kota, kami minta untuk orang asli di Papua," ungkap Agustinus.

"Karena pemerintah pusat dengan niat baik sudah memberikan kami otonomi khusus, sehingga otonomi khusus ini juga penyaluran anggarannya melalui kabupaten/kota langsung, tidak seperti otonomi khusus yang sebelumnya melalui provinsi tapi sekarang langsung melalui kabupaten kota,” sambungnya.

Baca Juga: Habib Luthfi Ikuti Keputusan Pemerintah soal Pemberian Izin Tambang bagi Ormas Keagamaan

“Sehingga kami minta Bapak Presiden, Bapak Menteri agar bupati, wakil bupati, gubernur, wakil gubernur adalah orang asli di Papua dan harapan kami semua hal ini bisa dapat dipertimbangkan.”

Agustinus juga mengatakan MRP meminta Presiden Jokowi memperhatikan pemekaran di Kabupaten Mimika Timur dan Mimika Barat.

“Aspirasi ini kami sudah sampaikan kepada Bapak Presiden dan juga Bapak Mendagri dan Menko Polhukam kami sudah sampaikan. Dan harapan kami masyarakat Papua dan juga terutama MRP setanah Papua, agar apa yang sudah kami sampaikan bisa dapat diperhatikan oleh Bapak Presiden,” ucapnya.

Menurut Agustinus, permintaannya tersebut diterima baik oleh Presiden Jokowi yang mengatakan akan mempertimbangkannya.

“Bapak presiden menerima dengan baik apa pun yang sudah kita sampaikan, akan nanti dipertimbangkan oleh pemerintah pusat dan itu kami tunggu hasil pertimbangan seperti apa dari pemerintah pusat,” katanya.

Baca Juga: Temui Presiden Jokowi, MRP Minta Istana Kepresidenan Dibangun di Papua


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x