Kompas TV nasional humaniora

Berkah Iduladha! Indonesia Dapat Daging Kurban dari Mekkah, Dibagikan ke Warga, Atasi Perbaikan Gizi

Kompas.tv - 18 Juni 2024, 16:27 WIB
berkah-iduladha-indonesia-dapat-daging-kurban-dari-mekkah-dibagikan-ke-warga-atasi-perbaikan-gizi
Foto ilustrasi. Proses pengepakan daging-daging kurban untuk didistribusikan ke para penerima yang berhak. Pemerintah Indonesia akan menerima daging kurban dari Mekkah, Arab Saudi. (Sumber: KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkapkan bahwa pemerintah Indonesia akan menerima pengiriman daging kurban dari Mekkah, Arab Saudi. 

Muhadjir menyebutkan bahwa daging kurban ini akan didistribusikan kepada masyarakat sebagai bagian dari program penanganan stunting.

Ia menjelaskan bahwa daging tersebut berasal dari jemaah haji Indonesia yang berkurban di Arab Saudi dan dipotong di rumah potong hewan wilayah Mekkah dan sekitarnya.

"Akan kita bagikan kepada masyarakat khususnya dalam ikut serta menanggulangi stunting. Jadi kita akan bagi-bagikan, mudah-mudahan prosedurnya lancar,” kata Muhadjir, Selasa (18/6/2024).

Baca Juga: Pekan Raya Jakarta 2024 Jadi Pilihan Warga untuk Habiskan Waktu di Libur Panjang Idul Adha

“Insya Allah nanti daging kurban yang berasal dari jemaah haji Indonesia, yang disembelih di Mekkah itu sebagian akan dibawa kembali ke Indonesia,” ujar Muhadjir.

Menurutnya, daging kurban tersebut akan dikirim ke Indonesia dalam bentuk olahan dan sudah dikemas dalam kaleng.

Muhadjir menegaskan bahwa daging yang berasal dari Arab Saudi ini telah mendapatkan persetujuan dari Kementerian Pertanian serta Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Ia juga yakin bahwa proses pemotongan hewan kurban hingga pengemasan daging untuk pengiriman ke Indonesia diawasi secara ketat oleh otoritas setempat dan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

“Bahkan itu bisa menaikan konsumsi gizi terutama protein untuk warga, dan akan kita fokuskan kepada mereka yang mengalami membutuhkan perbaikan gizi,” kata Muhadjir dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Mekkah Diguyur Hujan di Tengah Peringatan Cuaca Panas, Bawa Kebahagiaan untuk Jemaah Haji


 



Sumber : Kompas TV, Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x