Kompas TV olahraga kompas sport

Selain MotoGP, Sirkuit Mandalika Ditargetkan Gelar 2 Ajang Balap Mobil

Kompas.tv - 3 Februari 2022, 09:41 WIB
selain-motogp-sirkuit-mandalika-ditargetkan-gelar-2-ajang-balap-mobil
Salah satu sudut dari Sirkuit Internasional Mandalika yang terletak di Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, mengharapkan Sirkuit Mandalika bisa menggelar ajang otomotif selain MotoGP.

Sebentar lagi Sirkuit Mandalika akan menggelar MotoGP yang merupakan salah satu ajang balap motor populer di dunia.

MotoGP Indonesia 2022 dijadwalkan akan berlangsung pada 18-20 Maret di Sirkuit Mandalika.

Sebelum sesi perlombaan dimulai, sirkuit yang berlokasi di Nusa Tenggara Barat itu akan mengadakan tes pramusim MotoGP 2022 pada 11-13 Februari mendatang.

MotoGP merupakan langkah awal bagi Indonesia untuk menyelenggarakan ajang otomotif internasional lainnya.

Seandainya sukses menggelar MotoGP Indonesia 2022, Bambang Soesatyo berharap bisa membuat sibuk Sirkuit Mandalika dengan berbagai ajang internasional.

"MotoGP diharapkan membuat kegiatan otomotif internasional percaya, bahwa Indonesia bisa melakukan dengan baik," ucap Bambang Soesatyo dikutip dari BolaSport, Kamis (3/2/2022).

Baca Juga: Travel Bubble akan Diterapkan selama Ajang Balap MotoGP di Sirkuit Mandalika

"Selain MotoGP ini, tidak kemudian selesai. Kita akan undang lagi dan create lagi pertandingan internasional di Mandalika."

"Setidaknya dalam satu tahun adalah 5-6 pertandingan internasional di Mandalika," tambahnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua MPR RI menambahkan bahwa Sirkuit Mandalika bukan hanya bisa menggelar balapan motor, tetapi juga mobil.

Salah satu harapan Bambang Soesatyo adalah Indonesia menjadi tuan rumah gelaran Formula 2 atau semacam lomba balap ketahanan.

Dia juga menambahkan bahwa lintasan Mandalika akan diuji coba dengan menggunakan mobil Formula 2 dalam waktu dekat.

Adapun pembalap Indonesia, Sean Gelael, akan diminta Bambang Soesatyo untuk mengaspal dengan mobil Formula 2 di Sirkuit Mandalika.

"Ketika saya berkunjung ke Mandalika bersama Pak Presiden sebelum WSBK, Pak Presiden bersama dengan Sean Gelael tanya apakah ini bisa buat roda empat, dijawab Berry (Dirut ITDC) 'Bisa'," jelas Bambang.

"Sehingga dalam waktu dekat kemungkinan akan coba untuk Formula 2."

Sebelum keinginan-keinginan menggelar perlombaan lain, pria yang akrab disapa Bamsoet itu akan berusaha maksimal menyukseskan MotoGP Indonesia 2022.

"Tentu, kita ingin mendapatkan nilai tambah untuk acara kali ini sekaligus pertaruhan. Target kita adalah miliaran penduduk dunia menyaksikan keindahan Mandalika. Dari situ kita berharap orang datang ke Indonesia," katanya.

Baca Juga: Daftar Pembalap yang Ikut Tes Pramusim MotoGP di Mandalika: Ada Fabio Quartararo hingga Marc Marquez



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x