Kompas TV olahraga kompas sport

Suporter Persebaya Kirim Kartu Kuning ke Ketum PSSI

Kompas.tv - 5 Februari 2022, 14:28 WIB
suporter-persebaya-kirim-kartu-kuning-ke-ketum-pssi
Logo Persebaya Surabaya. (Sumber: NDARU GUNTUR/BOLASPORT.COM)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Kelompok suporter Persebaya kembali mengirimkan surat protes ke Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, terkait kualitas Liga 1 yang tak kunjung membaik menjelang penghujung musim ini.

Empat kelompok suporter di Surabaya mengirimkan surat terbuka untuk Mochamad Iriawan yang dinilai tidak mampu memperbaiki kualitas kompetisi Liga 1 hingga saat ini.

Ada tiga poin yang dikritisi suporter tersebut, yaitu kualitas wasit, kasus Covid-19, dan jadwal pertandingan yang tidak bersahabat bagi pemain.

Poin pertama yang disuarakan oleh para suporter ialah kualitas dan integritas wasit yang masih kerap melakukan "standar ganda" dalam beberapa keputusan.

Ada kalanya seorang pemain mendapatkan kartu merah langsung setelah melakukan tekel dua kaki, pemukulan, hingga menendang ke perut lawan.

Namun, di hari yang lain, tak ada sanksi tegas untuk para pemain yang melakukan pelanggaran keras serupa.

Baca Juga: Jelang Lawan PSS Sleman, 3 Pemain Persebaya Positif Covid-19

Keputusan onside dan offside juga jadi sorotan dalam kualitas wasit Liga 1 musim ini, lantaran keputusan-keputusan tersebut benar-benar menentukan hasil pertandingan.

Poin kedua terkait merebaknya kasus Covid-19 di Liga 1 musim ini.

Suporter Surabaya menyayangkan sikap federasi yang tetap memaksa tim untuk bermain meski disapu oleh gelombang Covid-19.

Baca Juga: PT LIB Gelar Rapat Darurat, Laga Persib Vs PSM dan PSIS Vs Persebaya Terancam Ditunda

Suporter juga menyayangkan adanya pemaksaan dari pihak operator liga untuk memainkan para pemain yang sedang cedera demi mengisi kuota line-up.

Poin terakhir terkait jadwal pertandingan yang terlalu malam ditengarai oleh suporter sebagai biang keladi menjamurnya kasus positif Covid-19 di kalangan pemain.

Karena itu, suporter memberikan peringatan kartu kuning untuk Ketum PSSI Mochamad Iriawan dan stafnya yang dianggap tidak becus mengurusi persepakbolaan Indonesia.

Kelompok suporter itu menyatakan bahwa kartu kuning tersebut merupakan peringatan terakhir bagi seluruh stakeholder PSSI untuk segera membenahi kompetisi.

Suporter juga mengancam bakal memberikan kartu merah jika tidak ada perbaikan signifikan dengan melakukan demonstrasi besar di Jakarta untuk menuntut Iwan Bule turun dari posisinya sebagai Ketum PSSI.

Baca Juga: Arsenio Valpoort Tak Kunjung Cetak Gol untuk Persebaya, Aji Santoso Beri Ultimatum

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x