Kompas TV olahraga kompas sport

3 Larangan FIFA untuk Timnas Rusia, Masih Main di Play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022?

Kompas.tv - 28 Februari 2022, 14:40 WIB
3-larangan-fifa-untuk-timnas-rusia-masih-main-di-play-off-kualifikasi-piala-dunia-2022
Skuad timnas Rusia di Euro 2020. (Sumber: Twitter @TeamRussia)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Iman Firdaus

ZURICH, KOMPAS.TV - FIFA resmi memberi tiga larangan kepada Timnas sepak bola Rusia sebagai respons invasi Rusia ke Ukraina. 

Ketiga larangan tersebut adalah Timnas Rusia tidak boleh mengibarkan bendera dan mengumandangkan lagu kebangsaan, main laga kandang di tempat netral, serta mengubah nama menjadi Footbal Union of Russia (RFU).

Dalam pernyataan resminya, federasi sepak bola tertinggi itu mengecam invasi Rusia ke Ukraina dan mendukung penuh semua orang yang terdampak atas kejadian ini. 

Lain itu, FIFA juga merasa kedua belah pihak untuk segera berdiskusi mencari jalan tengah. 

Baca Juga: Polandia, Swedia dan Republik Ceko Tolak Mainkan Play-Off Kualifikasi Piala Dunia di Rusia

Kendati demikian, FIFA masih belum memberi ultimatum apakah Rusia tetap bisa berpartisipasi dalam event sepak bola terdekat, Piala Dunia 2022 Qatar. 

"FIFA akan melanjutkan dialog yang sedang berlangsung dengan IOC, UEFA dan organisasi olahraga lainnya untuk menentukan tindakan atau sanksi tambahan, termasuk kemungkinan pengecualian dari kompetisi, yang akan diterapkan dalam waktu dekat jika situasinya tidak membaik dengan cepat. Biro Dewan FIFA tetap siaga untuk mengambil keputusan ini," tulis pernyataan FIFA

Sebelum memberi sanksi di atas, Timnas Polandia, Swedia, serta Republik Ceko menolak bertanding dengan Rusia di ajang play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 Maret besok. Keempat timnas tergabung di satu bagan play-off.

Polandia dijadwalkan menghadapi Timnas Rusia di Moskow pada 24 Maret mendatang. Jika Rusia menang, mereka bakal menghadapi pemenang antara Swedia atau Republik Ceko.

Terkait permintaan ketiga timnas tersebut, FIFA juga belum memberi keputusan. Badan yang dipimpin oleh Gianni Infantino mengaku masih akan mengkaji demi solusi terbaik. 

"Sehubungan dengan kualifikasi Piala Dunia 2022 FIFA yang akan datang, FIFA telah mencatat dengan baik posisi yang diungkapkan melalui media sosial oleh Asosiasi Sepak Bola Polandia, Asosiasi Sepak Bola Republik Ceko dan Asosiasi Sepak Bola Swedia dan telah terlibat dalam dialog dengan semua asosiasi sepak bola ini," tulis FIFA.

Baca Juga: FIFA Kutuk Serangan Rusia ke Ukraina

"FIFA akan tetap berhubungan dekat untuk mencari solusi yang tepat dan dapat diterima bersama."

Adapun Federasi Sepak Bola Rusia (RFU) mengaku belum mendapatkan informasi apa pun dari FIFA, terkait jadwal play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 itu. 

RFU menyebut pihaknya akan tetap mempersiapkan diri menyambut laga tersebut. 

“Saat ini, R.F.U. belum menerima informasi apa pun dari FIFA mengenai kemungkinan penundaan atau pembatalan kualifikasi Piala Dunia yang dijadwalkan pada 24 dan 29 Maret di Moskow,” kata federasi Rusia, dikutip dari New York Times.

“Kami tidak melihat alasan hukum untuk membatalkan pertandingan playoff antara tim nasional Rusia dan Polandia dan pertemuan berikutnya dengan Swedia atau Republik Ceko. R.F.U. terus mempersiapkan diri untuk pertandingan-pertandingan ini.”

Baca Juga: Formula 1 Juga Batalkan GP Rusia di Kalender Balapan F1 Musim Ini

 



Sumber : FIFA, The New York Times



BERITA LAINNYA



Close Ads x