Kompas TV olahraga kompas sport

Klasemen MotoGP Usai GP Qatar: Bastianini di Puncak, Duo Ducati tanpa Poin

Kompas.tv - 7 Maret 2022, 00:10 WIB
klasemen-motogp-usai-gp-qatar-bastianini-di-puncak-duo-ducati-tanpa-poin
Pembalap Gresini Racing Team asal Italia Enea Bastianini sukses menjadi yang tercepat pada balapan perdana MotoGP musim 2022 di Sirkuit Losail Qatar, Minggu (6/3/2022). (Sumber: MotoGP)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Enea Bastianini (Gresini Racing) berhak menempati puncak klasemen Kejuaraan Dunia MotoGP 2022 usai menjadi pemenang balapan GP Qatar.

MotoGP Qatar merupakan seri pembuka Kejuaraan Dunia 2022 yang berlangsung di Sirkuit Internasional Lusail pada Minggu (6/3/2022) malam WIB.

Momen kunci kemenangan Enea Bastianini datang ketika dirinya menyalip Pol Espargaro (Repsol Honda) pada lap ke-19.

Pembalap berusia 24 tahun tersebut mengambil alih pimpinan balapan setelah memanfaatkan kelengahan Pol Espargaro yang melebar di Tikungan 1 setelah berupaya menyalipnya.

Ini adalah kemenangan pertama Enea Bastianini di kelas premier MotoGP sejak debut musim lalu.

Secara keseluruhan, ini adalah podium MotoGP ketiga dalam karier Enea Bastianini. Sesuai balapan, Bastianini mempersembahkan kemenangannya untuk mediang Fausto Gresini yang meninggal dunia akhir tahun lalu.

Fausto Gresini adalah mantan pembalap asal Italia peraih dua gelar juara dunia kelas 125cc sekaligus founder dari tim Gresini Racing.

Baca Juga: MotoGP Qatar: Berburu Podium ke-100, Marquez Bebas Rasa Sakit

Jasa mendiang Fausto Gresini terhadap Enea Bastianini sangatlah besar. Sebab, Fausto Gresini adalah sosok yang membawa Bastianini promosi ke MotoGP musim lalu.

"Saya tidak bisa berkata-kata. Saya ingin mempersembahkan kemenangan ini untuk Fausto Gresini," kata Bastianini dikutip dari Kompas.com.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x