Kompas TV olahraga kompas sport

Hasil Kualifikasi MotoGP Catalunya 2022: Aleix Espargaro Raih Pole Position

Kompas.tv - 4 Juni 2022, 20:53 WIB
hasil-kualifikasi-motogp-catalunya-2022-aleix-espargaro-raih-pole-position
Pembalap Spanyol Aleix Espargaro dari tim Aprilia Racing, saat merayakan pencapaiannya yang berhasil menempati posisi pertama di balapan kualifikasi MotoGP di sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, Sabtu (2/4/2022). (Sumber: AP Photo/Nicolas Aguilera)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro, berhasil meraih pole position usai jadi yang tercepat di sesi kualifikasi MotoGP Catalunya 2022, Sabtu (4/6/2022) malam WIB.

Aleix merampungkan sesi kualifikasi tersebut dengan catatan waktu lap 1 menit 38,742 detik. Torehan ini merupakan pole position kedua Aleix di Kejuaraan Dunia MotoGP 2022.

Dia unggul dari Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) yang berada di peringkat kedua serta ketiga.

Sama seperti biasanya, kualifikasi MotoGP Catalunya dibagi menjadi dua sesi. Kualifikasi pertama (Q1) diisi oleh para pembalap yang tak berhasil menembus 10 besar hasil gabungan tiga latihan bebas (FP1-FP3).

Usai Q1 yang berdurasi 15 menit rampung digelar, diketahui bahwa dua rider yang berhak melanjutkan perjuangan ke Q2 adalah Maverick Vinales dan Takaaki Nakagami.

Baca Juga: Hasil FP1 MotoGP Catalunya 2022: Alex Rins Tercepat, Vinales Kedua

Vinales menempati peringkat teratas pada Q1 berkat catatan waktu 1 menit 39,216 detik. Rider asal Spanyol itu unggul 0,007 detik atas Nakagami yang berhak melaju ke Q2 setelah menempati peringkat kedua pada Q1 MotoGP Catalunya.

Pada sesi Q2, Vinales dan Nakagami bersaing dengan nama-nama seperti Fabio Quartararo, Francesco Bagnaia, dan Aleix Espargaro. Saat sesi Q2 baru berdurasi lima menit, Fabio Quartararo menjadi pembalap tercepat.

Dia memimpin dengan catatan waktu lap 1 menit 39,055 detik. Sedangkan, Francescso Bagnaia membuntuti Quartararo di posisi kedua dengan catatan waktu lap 1 menit 39,065 detik.

Ketika Q2 tersisa dua menit, Bagnaia menggeser posisi Quartararo. Ia mencatat waktu lap 1 menit 38,787 detik.

Namun tak lama berselang, Aleix Espargaro mencatatkan waktu tercepat dengan 1 menit 38,742 detik.

Hingga Q2 berakhir, Aleix Espargaro menjadi pembalap tercepat. Dia berhak merebut pole position.

Baca Juga: Operasi Keempat Jadi Kesempatan Terakhir Marc Marquez Kembali ke MotoGP

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x