Kompas TV olahraga sapa qatar

Guillermo Ochoa dan Guardado: Legenda Piala Dunia Meksiko, Torehkan Rekor setara Messi dan Buffon

Kompas.tv - 22 November 2022, 21:58 WIB
guillermo-ochoa-dan-guardado-legenda-piala-dunia-meksiko-torehkan-rekor-setara-messi-dan-buffon
Aksi Francisco Guillermo Ochoa ketika Meksiko menahan imbang Brasil di Piala Dunia 2014. (Sumber: Marcello Casal Jr/Agencia Brasil via Wikimedia)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

DOHA, KOMPAS.TV -  Piala Dunia 2022 di Qatar akan menjadi penampilan kelima di ajang Word Cup bagi dua penggawa Timnas Meksiko, Francisco Guillermo Ochoa dan Anders Guardado. Meksiko akan memainkan pertandingan pembuka Qatar 2022 lawan Polandia, Selasa (22/11/2022) pukul 23.00 WIB.

Nama keduanya relatif kurang dikenal. Mereka tidak memperkuat klub elite Eropa selama karier. Ochoa dan Guardado merupakan legenda hidup El Tri. Mereka masuk daftar pemain eksklusif yang mencatatkan lima penampilan di putaran final Piala Dunia.

Pada tahun ini, keduanya bersama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo melakoni Piala Dunia kelima mereka di Qatar. Sebelum empat pemain ini, hanya ada empat pemain yang mencatatkan rekor serupa sepanjang sejarah Piala Dunia.

Baca Juga: Prediksi Jerman vs Jepang: Rekor Head to Head dan Prakiraan Susunan Pemain

Empat pemain yang lebih awal menorehkan lima penampilan putaran final Piala Dunia adalah Gianluigi Buffon (Italia), Lotthar Matthaeus (Jerman), Antonio Carbajal (Meksiko), dan Rafael Marquez (Meksiko).

Guillermo Ochoa dan Guardado pun menjadi satu-satunya dari sederet legenda di daftar tersebut yang bermain bersamaan di lima putaran final Piala Dunia.

"Saya kira dengan memainkan Piala Dunia kelima saya, saya beruntung. Di atas semuanya, berada di Piala Dunia tidak pernah mudah bagi seorang pesepakbola," kata Ochoa dikutip Associated Press, Selasa (22/11/2022).

"Terdapat banyak pemain hebat sepanjang sejarah yang tidak mendapatkan kesempatan ini. Bagi saya, bermain dalam lima (edisi Piala Dunia) itu luar biasa," lanjutnya.

Guillermo Ochoa dan Guardado melakoni debut timnas bersamaan ketika bermain dalam partai persahabatan lawan Hungaria pada 14 Desember 2005 silam. Masing-masing kini berusia 37 dan 36 tahun.

Kiprah Guillermo Ochoa pun lekat dengan Piala Dunia karena penampilan fenomenal di edisi-edisi sebelumnya. Salah satu penampilan fenomenalnya adalah ketika menahan imbang tuan rumah Brasil 0-0 di Piala Dunia 2014.

Waktu itu, Ochoa membuat enam penyelamatan, termasuk mementahkan sundulan jarak dekat Neymar. Kiper Club America ini menyebut partai lawan Brasil sebagai "game of a lifetime."

"Saya benar-benar bersyukur sudah diakui secara global, itu berarti Anda telah melakukan kerja bagus," kata Ochoa.

Baca Juga: Saleh dan Salem Cetak Sejarah, Harumkan Nama Asia di Pentas Piala Dunia



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x