Kompas TV olahraga sapa qatar

Maroko vs Portugal: Benua Afrika Bersatu Dukung Singa Atlas Catatkan Sejarah

Kompas.tv - 10 Desember 2022, 16:08 WIB
maroko-vs-portugal-benua-afrika-bersatu-dukung-singa-atlas-catatkan-sejarah
Seleberasi penguin pemain Maroko, Achraf Hakimi, usai mencetak gol saat adu penalti lawan Spanyol di 16 besar Piala Dunia 2022, Selasa (6/12/2022). Maroko menang 3-0 pada babak adu penalti, setelah bermain imbang tanpa gol di waktu normal dan babak perpanjangan waktu. (Sumber: AP Photo/Ricardo Mazalan)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

DOHA, KOMPAS.TV - Jelang laga Maroko vs Portugal, Achraf Hakimi dan kawan-kawan tidak hanya mendapat dukungan dari 37 juta penduduk tanah kelahiran mereka. Namun, seluruh Benua Afrika bersatu mendukung Singa Atlas.

Pertandingan Maroko vs Portugal di perempat final Piala Dunia Qatar 2022 akan digelar Sabtu (10/12/2022) malam pukul 22.00 WIB.

Timnas Maroko sendiri menjadi tim Afrika keempat yang sukses menembus perempat final Piala Dunia. Singa Atlas juga menjadi satu-satunya tim Afrika yang tersisa di Qatar 2022.

Kemenangan Maroko atas Spanyol di babak 16 besar lalu pun jadi kebangaan tersendiri bagi 1,3 miliar penduduk Afrika. Benua Afrika akhirnya menyumbangkan wakil di perempat final Piala Dunia setelah 12 tahun.

Sebelum Maroko, tim Afrika yang sukses menembus perempat final Piala Dunia adalah Kamerun (1990), Senegal (2002), dan Ghana (2010). Belum ada yang mampu menembus babak semifinal.

Baca Juga: Perempat Final Piala Dunia, Maroko vs Portugal: Teka-teki Nasib Ronaldo, Menanti Jimat Achraf Hakimi

Di lain sisi, keberhasilan Maroko juga menjadi harapan bagi tim Afrika lain. Presiden Asosiasi Sepak Bola Sudan Selatan Augustino Madout Parek menyebut kegemilangan Maroko menjadi bukti bahwa tim Afrika bisa melaju jauh, bahkan hingga memenangi Piala Dunia.

"Maroko adalah kebanggan kami," kata Madout kepada Associated Press, Sabtu (10/12). Ia yakin Maroko bisa mengalahkan Portugal nanti malam.

Selain di Casablanca dan kota-kota Maroko lain, pertandingan Maroko vs Portugal juga bakal disaksikan fan di berbagai penjuru Afrika.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x