Kompas TV olahraga sapa qatar

Tim Terbaik Piala Dunia 2022 versi AP: Ada Messi dan Mbappe, tapi Tidak Ada Ronaldo

Kompas.tv - 18 Desember 2022, 20:30 WIB
tim-terbaik-piala-dunia-2022-versi-ap-ada-messi-dan-mbappe-tapi-tidak-ada-ronaldo
Foto ilustrasi. Lionel Messi dan Julian Alvarez merayakan gol dalam laga semifinal Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Kroasia di Stadion Lusail, Rabu (14/12/2022). (Sumber: Twitter FIFA World Cup)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

DOHA, KOMPAS.TV - Piala Dunia Qatar 2022 akan berakhir dengan partai final Argentina vs Prancis di Stadion Lusail, Minggu (18/12/2022) malam. Menjelang berakhirnya turnamen akbar ini, Associated Press atau AP telah memilih tim terbaik selama Qatar 2022 berlangsung.

Tim terbaik Piala Dunia 2022 yang dipilih para penulis Associated Press ini menggunakan pakem 4-3-3. Demikian, para pemain yang dipilih adalah satu kiper, empat bek, tiga gelandang, dan tiga striker.

Hampir semua pemain yang masuk tim terbaik adalah semifinalis Piala Dunia 2022, kecuali Jude Bellingham (Inggris).

Berikut adalah tim terbaik Piala Dunia 2022 versi Associated Press, di antaranya ada Lionel Messi, Kylian Mbappe, tetapi tidak ada Cristiano Ronaldo.

Kiper: Dominik Livakovic (Kroasia)

Kiper Timnas Kroasia menorehkan penampilan brilian sejak fase grup Piala Dunia 2022. Kesigapan Livakovic membantu skuad Vatreni meraih juara tiga Qatar 2022 usai mengalahkan Maroko, Sabtu (17/12) malam.

Baca Juga: Kisah Fans Argentina Bersepada Lintasi 15 Negara demi Piala Dunia 2022, tapi Kehabisan Tiket Final

Penampilan Livakovic dalam adu penalti lawan Jepang ramai disorot karena kesusesannya menepis tiga tendangan penalti. Ia pun kembali menjadi pahlawan adu penalti lawan Brasil setelah sebelumnya mementahkan 10 tembakan Tim Samba selama 120 menit.

Bek kanan: Achraf Hakimi (Maroko)

Perpaduan soliditas pertahanan dan kecepatan membantu serangan Achraf Hakimi membantu Maroko menembus semifinal Piala Dunia 2022. Singa Atlas pun menjadi tim asal Afrika pertama yang menembus semifinal Piala Dunia.

Bek tengah: Josko Gvardiol (Kroasia)

Walau masih berusia 20 tahun, Josko Gvardiol menjadi salah satu bek dengan penampilan paling cemerlang selama Piala Dunia Qatar 2022.

Gvardiol, yang memakai topeng selama turnamen, berperan penting menjaga lini pertahanan Kroasia hanya kebobolan tiga gol dari lima pertandingan sebelum dibenamkan Argentina. Ia juga mencetak gol di play-off perebutan tempat ketiga.

Bek tengah: Nicolas Otamendi (Argentina)

Nicolas Otamendi adalah satu di antara dua pemain Argentina, selain Lionel Messi, yang sama sekali tidak diganti hingga La Albicelste mencapai final. Otamendi berperang penting menjaga pertahanan Argentina yang membaik usai kalah mengejutkan dari Arab Saudi.

Baca Juga: Sosok Livakovic, Raja Kiper dari Kroasia Penghancur Brasil di Piala Dunia 2022

Bek kiri: Theo Hernandez (Prancis)

Theo Hernandez tadinya sekadar menjadi pelapis kakaknya di pos bek kiri Prancis, Lucas Hernandez. Namun, Lucas mengalami cedera serius dan Theo ditunjuk menggantikannya.

Bek AC Milan ini pun mampu tampil brilian dan menjalin koneksi apik dengan Kylian Mbappe di pos penyerang kiri.

Gelandang: Sofyan Amrabat (Maroko)




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x