Kompas TV olahraga sepak bola

Di Media Sosial, Erick Thohir Jadi Calon Ketua Umum PSSI Paling Kuat

Kompas.tv - 15 Februari 2023, 16:07 WIB
di-media-sosial-erick-thohir-jadi-calon-ketua-umum-pssi-paling-kuat
Menteri BUMN Erick Thohir yang juga sebagai calon Ketua Umum PSSI. (Sumber: ANTARA/Aditya Ramadhan)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Erick Thohir menjadi kandidat calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 berdasarkan persepsi warganet di media sosial. 

Dasar pertimbangannya, menteri BUMN itu menjadi kandidat Ketua Umum PSSI terbaru yang paling banyak diperbincangkan di media sosial dibandingkan empat calon PSSI lainnya. 

Hal tersebut merujuk pada platform monitoring dan analisis media sosial Indonesia, MediaWave.

Baca Juga: PSSI Pers Gelar Dialog Caketum Jelang Kongres Luar Biasa! La Nyalla & Erick Thohir Tak Hadir

Nadia Shabilla selaku General Manager Analyst of Mediawace menyebut pembicaraan di media sosial prihal pencalonan Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI didominasi kata kunci 'harapan', 'kemajuan', 'bersih', hingga 'dukungan'.

“Erick diyakini dapat membenahi dan membersihkan PSSI menjadi lembaga yang lebih baik,” kata Nadia dikutip dari Tribunnews. 

Dalam pencarian Ketua Umum PSSI ini, Erick bersaing dengan La Nyalla Mattalitti, Arif Wicaksono, Doni Setiabudi, dan Fary Djemy Francis.

Baca Juga: Usulan Lima Nama Waketum PSSI dari Voter Pendukung La Nyalla Mattalitti

Pantauan MediaWave, kata Nadia, dari 16.299 percakapan tentang kandidat Ketua Umum PSSI, 73.57 persen di antaranya (11.940) membicarakan Erick.

Tepat di bawah Erick Thohir ada nama La Nyalla Mattalitti yang mendapatkan 18.80% atau total 3.051 percakapan. 

Kemudian Doni Setiabudi dengan angka 4.29%, dibuntuti Arif Putra Wicaksono sebesar 3.19%, dan terakhir Fary Djemy Francis 0.15%.

Menurut Nadia Shabilla, ada sejumlah faktor yang membuat nama Erick Thohir lebih banyak diperbincangkan dibandingkan caketum PSSI lainnya. 

Baca Juga: Calon Ketum PSSI Fary Djemy Francis Targetkan Timnas Indonesia Lolos PIala Dunia 2030

Di antaranya adalah adanya deklarasi dari sejumlah pihak, mulai dari kelompok gerakan anak muda B.E.D.A yang dipelopori Tsamara Amany dan Pangeran Siahaan, kalangan pemilik klub menyaru selebritis macam Raffi Ahmad, Atta Halilintar, hingga Wali Kota Solo sekaligus anak Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming.

Pemantauan itu dilakukan MediaWave selama satu bulan pada 13 Januari 2023 - 13 Februari 2023.

Terlepas dari itu, pemilihan Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 bakal digelar di Kongres Luar Biasa (KLB) yang bergulir besok, Kamis 16 Februari 2023 di Jakarta. 

 



Sumber : Kompas TV/Tribunnews



BERITA LAINNYA



Close Ads x