Kompas TV olahraga kompas sport

Legenda Balap Sepeda Indonesia Hendrick Brocks Meninggal Dunia Hari Ini

Kompas.tv - 8 Maret 2023, 20:07 WIB
legenda-balap-sepeda-indonesia-hendrick-brocks-meninggal-dunia-hari-ini
Legenda balap sepeda Indonesia, Hendra Gunawan alias Hendrik Brocks, saat memperlihatkan foto dirinya bertanding dan meraih tiga medali emas pada Asian Games 1962 Jakarta di Sukabumi, Jawa Barat, 29 Agustus 2018. (Sumber: Budiyanto/Antara)

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Hendra Gunawan atau akrab disapa Hendrik Brocks, legenda balap sepeda Indonesia, meninggal dunia hari ini pada Rabu (8/3/2023) Pukul 14.30 WIB. Brocks meninggal pada usia 80 tahun di kediamannya di Jalan Bhayangkara Rawa Salak, Sukabumi, Jawa Barat.

Kabar duka meninggalnya Brocks disampaikan oleh sahabatnya, Herryanto. "Hari ini akan dikebumikan bakda magrib," kata Herryanto saat dikonfirmasi Antara, Rabu (8/3).

Herryanto menambahkan, mendiang Hendrik Brocks akan disemayamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Ciandam, Sukabumi.

Baca Juga: 6 Februari, Wafatnya Mohammad Natsir, Pahlawan Nasional yang Disingkirkan di Dua Orde

Menurut Herryanto, mendiang Hendrik Brocks punya riwayat penyakit glaukoma dan gangguan penglihatan. Ia sempat mengobrol dengan mendiang tiga hari sebelum wafat.

"Namun kemarin saya datang memang sudah lemah," kata Herryanto.

Herryanto dan Hendrick Brocks adalah sahabat lama. Keduanya pernah menjadi bagian Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) ketika kepemimpinan Harry Sapto yang menjabat selama 25 tahun antara 1983-2008.

Riwayat hidup Hendrik Brocks

Hendra Gunawan yang kemudian dikenal dengan nama Hendrik Brocks lahir di Sukabumi, Jawa Barat pada 27 Maret 1942. Sebagai pembalap sepeda, Brocks pernah berkompetisi pada nomor balap individual dan uji waktu tim di Olimpiade Roma 1960.

Hendrik Brocks juga pernah menyabet tiga medali emas dalam Asian Games 1962 di Jakarta, masing-masing pada nomor balap terbuka, bakap tim, dan uji waktu tim.

Setelah pensiun sebagai atlet, Brocks disebut aktif membina atlet-atlet balap sepeda Indonesia dan menjadi pelatih sekaligus pengurus PB ISSI.

Dedikasi Hendrik Brocks untuk dunia balap sepeda diganjar penghargaan 'KONI Lifetime Achievement Award in Sport' oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) yang diserahkan pada 2 Desember 2020 silam.

Baca Juga: Pesan Emosional Messi dan Ronaldo atas Wafatnya Pele: Beristirahatlah, Raja


 




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x