Kompas TV olahraga sepak bola

Palestina Tak Mempermasalahkan Partisipasi Israel di Piala Dunia U-20: Itu Wewenang Indonesia

Kompas.tv - 15 Maret 2023, 21:20 WIB
palestina-tak-mempermasalahkan-partisipasi-israel-di-piala-dunia-u-20-itu-wewenang-indonesia
Dubes Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun menyampaikan tanggapan mengenai keikutsertaan Timnas Israel dalam Piala Dunia U-20 yang diselenggarakan di Indonesia, dalam pengarahan pers di Jakarta, Rabu (15/3/2023). (Sumber: Yashinta Difa/Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun menyatakan bahwa pihaknya tidak mempermasalahkan keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Indonesia. Ia menyebut partisipasi yang menuai pro-kontra itu adalah kewenangan Indonesia.

Kata Zuhair, Palestina yang kini diduduki Israel tidak dalam posisi mendukung atau menolak partisipasi negara itu di ajang Piala Dunia U-20.

“Kewenangan tersebut berada di tangan Indonesia. Kami tidak bisa menerima atau pun menolak, karena itu terserah Indonesia,” kata Zuhair di Kedutaan Besar Palestina di Jakarta, Rabu (15/3/2023) dikutip Antara.

Baca Juga: Israel Bebaskan Tahanan Paling Tua Palestina Setelah Penjara 17 tahun, Kini Berusia 83 tahun

Zuhair mengaku pihaknya memahami status Indonesia sebagai tuan rumah yang mesti patuh pada aturan FIFA. Selaku tuan rumah, Indonesia disebutnya harus memfasilitasi setiap tim partisipan dan memastikan segala sesuatunya berlangsung lancar.

“Keikutsertaan masing-masing negara dalam event ini tentu tidak ada kaitannya dengan suka atau tidak suka dengan suatu negara, karena setiap negara ikut serta sebagai bagian dari kompetisi yang berjalan sesuai aturan yang berlaku,” katanya.

Sebagai wujud dukungan untuk Palestina, Zuhair mengaku berharap Indonesia bisa menyertakan negara itu selama Piala Dunia U-20, bukan sebagai kontestan. Ia mencontohkan sikap Qatar selama menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Selama gelaran tersebut, Qatar menggelar acara untuk warga Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza. Bendera Palestina juga dikibarkan di berbagai titik Qatar 2022, terutama oleh suporter timnas lain.

Pada saat bersamaan, Qatar tidak melarang warga negara Israel mendatangi negaranya untuk menyaksikan Piala Dunia kendati tidak menjalin hubungan diplomatik.

“Kita tahu banyak sekali negara yang kemudian menyuarakan dukungan bagi Palestina (selama Piala Dunia Qatar) dan ini menunjukkan bahwa Palestina ada di hati banyak kalangan,” kata Zuhair.

“Saya yakin bahwa Palestina juga senantiasa ada di hati bangsa dan pemerintah Indonesia, sehingga Palestina juga akan hadir dalam event (Piala Dunia U-20) yang akan diselenggarakan di Indonesia ini,” lanjutnya.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri RI menegaskan bahwa partisipasi Israel di Piala Dunia U-20 tidak akan berpengaruh ke dukungan Indonesia untuk Palestina.

“Posisi pemerintah Indonesia terkait isu Palestina tidak akan pernah berubah dan sangat konsisten. Indonesia termasuk dari sedikit negara yang terus konsisten mendukung perjuangan rakyat Palestina,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah pada pekan lalu.

Baca Juga: Soal Partisipasi Timnas Israel di Piala Dunia U20, MUI: Kita Tunggu Penjelasan Menlu


 



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x