Kompas TV olahraga badminton

Taufik Hidayat Puji Anthony Ginting: Pemain Lengkap, Tunggal Putra Level Atas

Kompas.tv - 2 Mei 2023, 22:54 WIB
taufik-hidayat-puji-anthony-ginting-pemain-lengkap-tunggal-putra-level-atas
Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, menjadi juara di ajang Badminton Asia Championships (BAC) 2023. (Sumber: Twitter @INABadminton/PBSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Legenda hidup bulu tangkis Indonesia, Taufik Hidayat melontarkan pujian kepada tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting. 

Taufik berpendapat bahwa Anthony Ginting memiliki kualitas pemain tunggal putra yang lengkap. 

“Kalau saya melihatnya dari komentar senior di luar dan di dalam sini, sebenarnya Ginting itu pemain lengkap,” tutur Taufik Hidayat, Selasa (2/5/2023) di acara bincang bersama media bertajuk 'Halalbihalal bersama Taufik Hidayat', Jakarta, dikutip dari Kompas.com. 

Baca Juga: Juara Tunggal Putra Badminton Asia Championship 2023, Ginting: Bisa Menikmati Setiap Permainan

“Maksudnya dia (Anthony Ginting) sudah mempunyai kelas tersendiri, memang sudah di level atas," sambung Taufik. 

Meski demikian, Taufik Hidayat menyoroti persoalan konsistensi yang kerap dialami oleh Anthony Ginting. 

Menantu dari mantan Ketua Umum PSSI Agum Gumelar itu menilai bahwa Viktor Axelsen merupakan contoh pemain tunggal putra yang konsisten. 

“Namun, kalau saya melihat, dia (Ginting) rada kurang stabil dari segi fisik dan mental, tetapi kalau teknik, dia sudah cukup bagus,” tutur Taufik melanjutkan.

“Di situ peran tim, di samping, belakang, pelatih fisik, psikolog. Itu timnya dia, kenapa? Kok di sini juara, setelah itu, tidak."

Baca Juga: Hasil Badminton Asia Championships 2023: Tundukkan Loh Kean Yew, Ginting Juara

“Jika dilihat paling stabil ya (Victor) Axelsen. Dia final, juara, final, juara. Kalau yang lain naik-turun meskipun dia ranking dua."

“Kalau menurut saya, ranking kita ikut pertandingan banyak dan yang lain tidak ikut otomatis naik sendiri,” tandas peraih medali emas Olimpiade Athena 2004 itu.

Sebagai informasi, Anthony Sinisuka Ginting baru saja memenangkan Badminton Asia Championships 2023 atau Kejuaraan Bulu Tangkis Asia. 

Ini merupakan gelar selevel dengan BWF World Tour Super 1000. 

Ginting keluar sebagai kampiun BAC 2023 usai mengalahkan mantan juara dunia asal Singapura, Loh Kean Yew di Dubai, Uni Emirat Arab. 

Untuk sementara, Ginting juga menjadi tunggal putra nomor satu Indonesia dan duduk di ranking 2 BWF, tepat di bawah Viktor Axelsen.


 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x