Kompas TV olahraga sepak bola

Indonesia vs Vietnam di Semifinal Sepak Bola SEA Games 2023 Besok, Indra Sjafri: Kami Siap

Kompas.tv - 12 Mei 2023, 18:01 WIB
indonesia-vs-vietnam-di-semifinal-sepak-bola-sea-games-2023-besok-indra-sjafri-kami-siap
Pelatih Timnas U22 Indonesia, Indra Sjafri (kedua dari kiri) dan pelatih Vietnam, Philippe Troussier, berjabat tangan usai konferensi pers jelang laga semifinal sepak bola SEA Games 2023 di Phnom Penh Hotel, Kamboja, Jumat (12/5/2023). (Sumber: ANTARA/Bayu Kuncahyo)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

PHNOM PENH, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia akan melawan Vietnam pada laga semifinal sepak bola SEA Games 2023 di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (13/5/2023).

Garuda Nusantara memastikan diri lolos ke babak semifinal setelah mencatat empat kemenangan di babak penyisihan grup dengan torehan 12 poin.

Di babak penyisihan grup A, Indonesia menang 3-0 atas Filipina, 5-0 atas Myanmar, 3-0 atas Timor Leste. Terakhir, Timnas U22 Indonesia membungkam tuan rumah Kamboja 2-1.

Melawan Vietnam di babak semifinal tentu menjadi tantangan tersendiri bagi Rizky Ridho, dkk. Berdasarkan rekor pertemuan pada ajang dua tahunan ini, Vietnam lebih unggul dari Indonesia.

Dari 13 kali pertemuan, Garuda Nusantara acap kali mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan tim berjulukan The Golden Stars tersebut.

Vietnam mencetak tujuh kemenangan. Sedangkan Indonesia menang lima kali dari 13 pertemuan dengan skuad The Golden Stars di SEA Games.

Baca Juga: Shin Tae-Yong Buka Suara Usai Timnas Indonesia Berada di Grup Neraka Piala Asia 2023: Tak Mudah

Pertandingan terakhir Indonesia kontra Vietnam terjadi pada SEA Games edisi 2021. Kala itu, pada penyisihan grup, tim yang ditukangi Shin Tae-yong menyerah 0-3 kepada Vietnam.

Menjelang laga semifinal sepak bola SEA Games 2023 melawan Vietnam besok, pelatih Timnas U22 Indonesia, Indra Sjafri, menyatakan kesiapan skuadnya. 

"Pertama patut kita syukuri Indonesia bisa melaju ke babak semifinal, babak yang tentu kami inginkan, dan juga selamat datang untuk Thailand, Vietnam, dan Myanmar di semifinal. Saya pikir keempat tim ini memiliki peluang yang sama untuk melaju ke babak final," kata Indra, Jumat (12/5/2023), dikutip dari laman resmi PSSI.

"Kami sudah siap menghadapi Vietnam. Kondisi pemain tidak ada masalah dan semua siap bermain. Kami akan persiapkan tim dengan baik dan Insya Allah hasil terbaik untuk Indonesia di akhir pertandingan," sambungnya.

Sementara kapten tim, Rizky Ridho, mengatakan dia dan timnya akan berusaha maksimal untuk merebut tiket final.

"Yang pertama untuk kondisi, kami dalam kondisi yang sangat baik dan 100 persen siap menghadapi Vietnam. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa merebut tiket ke final," tuturnya.

"Yang kedua, untuk saya pribadi, harus bisa mengontrol emosi, karena kita semua tahu kedua tim akan sama sama mencoba untuk bermain maksimal dan ketat, jadi semoga saja kami bisa mengontrol itu," jelasnya.

Kick-off pertandingan semifinal Indonesia vs Vietnam akan dilakukan pukul 16.00 WIB. Pada pertandingan besok, Indonesia akan memakai jersey merah-merah-merah.

Baca Juga: Update SEA Games 2023: Zohri Mundur dari Final Lari 100 Meter akibat Cedera


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x