Kompas TV olahraga sports

Hari Softball Sedunia 2023 Diperingati 13 Juni, Bagaimana Sejarahnya di Indonesia?

Kompas.tv - 13 Juni 2023, 06:30 WIB
hari-softball-sedunia-2023-diperingati-13-juni-bagaimana-sejarahnya-di-indonesia
Sejarah Hari Softball Sedunia atau World Softball Day yang diperingati tiap 13 Juni (Sumber: Ensyclopedia Britanica)
Penulis : Dian Nita | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari ini, Selasa (13/6/2023), bertepatan dengan Hari Softball Sedunia atau World Softball Day. Peringatan ini tidak hanya untuk mempromosikan softball melainkan juga aktivitas fisik untuk kesehatan yang lebih baik.

Hari Softball Sedunia yang diperingati tiap 13 Juni, selain untuk memperkenalkan softball ke lebih banyak orang, juga untuk menginspirasi generasi muda baik perempuan dan laki-laki untuk lebih menekuni olahraga.

Diketahui, softball adalah salah satu jenis olahraga dalam kategori permainan bola kecil yang dimainkan secara beregu oleh dua tim.

Olahraga softball merupakan permainan yang mirip dengan baseball, tapi dimainkan dengan bola yang lebih besar.

Tujuan olahraga ini adalah untuk memukul bola dengan tongkat sebelum pemain mencoba berlari ke empat titik.

Dalam permainan softball sebelum bermain, masing-masing kapten regu melakukan undian dengan cara lempar uang logam untuk menentukan regu pemukul dan regu jaga, yang di mana setiap pemain dari regu pemukul akan mendapatkan kesempatan memukul sebanyak tiga kali.

Sejarah Hari Softball Sedunia

Hari Sofbol Dunia terinspirasi oleh pengumuman 13 Juni 1991 oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) bahwa softball wanita akan debut pada Olimpiade 1996 di Atlanta, Amerika Serikat.

Baca Juga: Kalahkan DKI Jakarta, Tim Softball Lampung Raih Medali Emas

Hari Softball Sedunia juga memberikan penghormatan kepada Hari Olimpiade, yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 23 Juni.

Berbagai negara di seluruh dunia, merayakan Hari Softball sedunia sebagai salah satu olahraga yang paling beragam secara budaya, dapat beradaptasi, dan bisa dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan.

Sejarah Softball

Dilansir dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, permainan softball diciptakan oleh George Hancock yang berasal dari Kota Chicago, Amerika Serikat, pada tahun 1887.

Pada 1906, seorang ahli bernama Lewis Robert mencoba menyusun beberapa peraturan permainan softball.



Sumber : Kompas.com, kemendikbud.go.id, wbsc.org



BERITA LAINNYA



Close Ads x