Kompas TV olahraga sepak bola

PSSI Hidupkan Kembali PT Garuda Sepakbola untuk Bangun Timnas Indonesia

Kompas.tv - 23 Juni 2023, 16:42 WIB
pssi-hidupkan-kembali-pt-garuda-sepakbola-untuk-bangun-timnas-indonesia
Skuad Timnas Indonesia saat melawan Burundi dalam pertandingan FIFA Matchday di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Selasa (28/3/2023). (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - PSSI menghidupkan kembali badan hukum PT Garuda Sepakbola Indonesia untuk membangun Timnas Indonesia dengan serius.

"Saya pernah sampaikan, kalau mau membangun Timnas Indonesia dengan serius, ini perlu dana Rp200-500 miliar. Tidak mudah," kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam konferensi persnya, Jumat (23/6/2023).

"Karena itu, kami memberanikan diri dan ini memang sudah ada sebelumnya yaitu PT Garuda, kita aktifkan kembali. Kemarin kita urus kembali. Asalkan saya pastikan tidak ada utang piutang PT ini."

"Jadi kita bangkitkan kembali PT Garuda Sepakbola Indonesia, di mana ini juga bagian dari mengkomersialisasikan kegiatan tim nasional kita," jelasnya.

Erick menegaskan, saham PT Garuda Sepakbola Indonesia sama sekali tidak dimiliki secara individu oleh pengurus. Sebanyak 95 persen sahamnya, kata dia, dimiliki oleh PSSI dan 5 persen dipunyai Yayasan Bakti Sepakbola Indonesia.

Maka dari itu, selain untuk kepentingan Timnas Indonesia, PT Garuda Sepakbola Indonesia juga akan mendukung program-program yang dimiliki yayasan.

"Kepemilikan saham PT Garuda, tidak dimiliki pengurus. Semua tidak ada. Kita tidak mau menjadi bagian yang mengotori tangan kita untuk kepentingan tim nasional," tegas Erick.

"95 persen dimiliki PSSI, 5 persen dimiliki yayasan yang kemarin kita luncurkan," ungkap pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu.

Nantinya, PT Garuda Sepakbola Indonesia akan mengurusi berbagai hal mengenai tim nasional mulai dari pertandingan internasional, pemasukan dari media sosial hingga fans engagement.

"Hal-hal yang kita dorong yaitu kalender pertandingan tim nasional yang kita kelola secara profesional dan berkelanjutan," lanjut Erick.

Baca Juga: Usai Argentina, Ini Target PSSI untuk Calon Lawan Timnas Indonesia Selanjutnya



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x