Kompas TV olahraga sports

Atlet Rusia dan Belarusia Dibolehkan Ikut Asian Games 2023, tapi Ada Syaratnya

Kompas.tv - 9 Juli 2023, 13:46 WIB
atlet-rusia-dan-belarusia-dibolehkan-ikut-asian-games-2023-tapi-ada-syaratnya
Ilustrasi. Dewan Olimpiade Asia (OCA) memutuskan bahwa atlet-atlet Rusia dan Belarusia akan dibolehkan mengikuti Asian Games 2023 mendatang. Keputusan ini diambil OCA di tengah boikot kontingen Rusia dan Belarusia yang ramai disuarakan usai invasi Rusia ke Ukraina. (Sumber: Hangzhou 2022)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Deni Muliya

KOTA KUWAIT, KOMPAS.TV - Dewan Olimpiade Asia (OCA) memutuskan bahwa atlet-atlet Rusia dan Belarusia akan dibolehkan mengikuti Asian Games 2023 mendatang.

Keputusan ini diambil OCA di tengah boikot kontingen Rusia dan Belarusia yang ramai disuarakan usai invasi Rusia ke Ukraina.

Melansir Kyodo News, Sabtu (8/7/2023), kebijakan ini ditempuh OCA untuk memberi kesempatan kepada sekitar 500 atlet Rusia dan Belarusia yang mempersiapkan Olimpiade Paris 2023.

Baca Juga: BWF Buka Peluang Atlet Rusia dan Belarusia Kembali Berkompetisi di Kancah Internasional

Sebelumnya, Komite Olimpiade Interanasional (IOC) membuat peta jalan untuk partisipasi atlet Rusia dan Belarusia berkompetisi di Olimpiade Paris 2024 dan Olimpiade Musim Dingin Milan 2026.

OCA menerakpan syarat tertentu untuk partisipasi atlet Rusia dan Belarusia. Atlet-atlet tersebut tidak dibolehkan mengenakan simbol nasional. 

Para atlet itu pun juga hanya akan berkompetisi dalam perlombaan individual. Atlet Rusia dan Belarusia juga tidak sah untuk mendapatkan medali selama Asian Games.

Badan-badan olahraga di dunia memiliki sikap beragam rentang partisipasi atlet Rusia dan Belarusia.

IOC mengimbau badan-badan olahraga untuk menerima atletl-atlet tersebut sebagai kontestan "netral", tidak mewakili negara.

Federasi Rusia menyebut kebijakan tersebut diskriminatif. Sedangkan Ukraina dan sejumlah negara mendesak agar IOC sama sekali melarang partisipasi atlet Rusia dan Belarusia.

Asian Games 2023 akan melibatkan atlet Rusia dan Belarusia dan akan dihelat di Hangzhou, China.

Pesta olahraga ini dijadwalkan pada 23 September hingga 8 Oktober 2023.

Baca Juga: Rusia Ingin Buat Pesta Olahraga Baru dengan China dkk, Saingi Olimpiade seperti GANEFO?



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x