Kompas TV olahraga motogp

Erick Thohir Pastikan MotoGP Mandalika 2023 Digelar Bulan Oktober

Kompas.tv - 9 Juli 2023, 21:31 WIB
erick-thohir-pastikan-motogp-mandalika-2023-digelar-bulan-oktober
PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mempunyai utang Rp4,6 triliun dari proyek pengembangan kawasan Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). (Sumber: Gridoto.com)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri BUMN RI Erick Thohir memastikan bahwa MotoGP Mandalika 2023 akan digelar mulai bulan Oktober mendatang. 

"MotoGP tetap digelar Oktober 2023 di Sirkuit Mandalika," kata Erick Thohir, Minggu (9/7/2023), saat menghadiri acara Shell Eco Marathon, di Sirkuit Mandalika, dikutip dari Kompas.com.

Selain itu, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PSSI tersebut mengatakan akan menggelar sejumlah event balapan selain WorldSuper Bike (WSBK) dan MotoGP. 

Sirkuit Mandalika juga disiapkan tidak hanya untuk ajang MotoGP, namun diharapkan untuk ajang olahraga lainnya, dengan harapan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Balapan mobil juga kita lagi upayakan bisa digelar di Sirkuit Mandalika," kata Erick.

Baca Juga: Klasemen MotoGP Usai GP Belanda 2023: Dapat Tambahan Poin, Bagnaia di Puncak

Penggarapan Sirkuit Mandalika memang telah rampung. Tetapi, fasilitas sarana pendukung destinasi wisata di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika ini terus dikembangkan.

Ke depannya direncanakan pembangunan sirkuit pacuan kuda yang bertaraf internasional dan lapangan golf.

"Kawasan ini kita kembangkan untuk sport tourism," papar Erick menambahkan.

"Pengembangan ini diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan UMKM dan meningkatkan ekonomi masyarakat," imbuhnya. 

Baca Juga: Sandiaga soal Usulan WSBK Dihapus karena Bikin Rugi: Harusnya Event di Mandalika Tambah Banyak

Diberitakan Kompas.tv sebelumnya, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mempunyai utang Rp4,6 triliun dari proyek pengembangan kawasan Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

ITDC adalah anak usaha dari holding BUMN pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney. Direktur Utama InJouney Donny Oskaria pun mengusulkan agar gelaran World Super Bike (WSBK) dihapus dari Mandalika.

Donny menyebut penyelenggaraan WSBK menyebabkan kerugian hingga Rp100 miliar. Ajang balap ini dinilai tidak menarik bagi investor untuk masuk menjadi sponsor. 

Baca Juga: Beda Pandangan Erick Thohir dan Sandiaga Uno soal WSBK Mandalika Bikin Rugi dan akan Dihapus

Bahkan, ada wacana untuk menghapus ajang balap motor tersebut. 

"WSBK ini menunjukkan kerugian, sehingga apa yang kami lakukan adalah kami akan bernegosiasi untuk menghilangkan WSBK ini," kata Donny, Jumat (16/6/2023). 


 




Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x