Kompas TV olahraga sports

Bawa Serbia ke Final Piala Dunia Basket FIBA, Pemain NBA Ini Bakal Pecahkan Sejumlah Rekor

Kompas.tv - 10 September 2023, 10:34 WIB
bawa-serbia-ke-final-piala-dunia-basket-fiba-pemain-nba-ini-bakal-pecahkan-sejumlah-rekor
Pemain Serbia, Bodan Bogdanovic beraksi saat Serbia mengalahkan Kanada 95-86 pada semifinal Piala Dunia Basket FIBA 2023 di Mall of Asia Arena, Pasay, Filipina, Jumat (8/9/2023)., (Sumber: AP Photo/Michael Conroy)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Vyara Lestari

PASAY, KOMPAS.TV - Sosok pemain NBA, Bogdan Bogdanovic menjadi salah satu kunci keberhasilan tim basket Serbia ke final Piala Dunia Basket FIBA 2023.

Pemain Atlanta Hawk itu beserta jebolan NBA lainnya, Filip Petrusev dan Nikola Jovic menjadi pilar Serbia ke final.

Mereka mampu menutupi absennya bintang Nikola Jokic yang memutuskan tak membela tim basket Serbia seusai membawa Denver Nugget juara NBA 2023.

Bogdanovic berperan besar ketika Serbia mengalahkan Kanada 95-86 pada semifinal di Mall of Asia Arena, Pasay, Filipina, Jumat (8/9/2023).

Baca Juga: Kalahkan Raksasa AS, Jerman Bikin Sejarah untuk Pertama Kalinya ke Final Piala Dunia Basket FIBA

Pada laga itu, Bogdanovic mencetak 23 poin, dan membawa Serbia untuk pertama kalinya setelah 9 tahun kembali ke final Piala Dunia Basket FIBA.

Pemain berusia 31 tahun itu pun berpeluang untuk membuat sejumlah rekor di kejuaraan dunia tersebut.

Dikutip dari Inquirer, Sabtu (9/9/2023), Bogdanovic sudah membuat 70 tembakan three point di seluruh Piala Dunia Basket FIBA.

Hal itu membuatnya menjadi pemain terbanyak yang melakukan tembakan tiga angka tersebut dalam kompetisi ini selama 30 tahun terakhir.

Ia juga menjadi pemain terlama yang membukukan three point di Piala Dunia FIBA, dengan melakukannya selama 24 pertandingan beruntun.

“Luar biasa. Basket sudah berubah. Saya pikir ada lebih banyak tiga (poin), dan kami juga bermain lebih cepat dan etos kerja saya secara keseluruhan,” katanya.

“Saya pikir, saya tidak datang setiap tahun (dengan pola pikir) akan memecahkan rekor ini. Tapi saya senang bisa mencapainya,” tambah Bogdanovic.


Baca Juga: Kejutan AS Gagal Juara Piala Dunia Basket FIBA, Penyesalan Gelayuti Tim Raksasa

Pemain dengan tinggi 1,96 meter itu itu sejauh ini telah mencetak 427 poin di Piala Dubia Basket FIBA dan menjadi pencetak poin terbanyak kelima di Abad ke-21.

Ia berhasil melewati legenda NBA dan tim basket Jerman, Dirk Nowitzki yang memiliki 425 poin.

Bogdanovic pun berpeluang membukukan 20 poin lebih di laga ke-11 Piala Dunia Basket FIBA.

Jika berhasil melakukannya, ia akan menjadi pemain terbaik ketiga yang membukukan 20 poin lebih di lebih dari 10 laga di Piala Dunia Basket FIBA, setelah Nowitzki (12 laga) dan Luis Scola (16 laga).

 

 



Sumber : Inquirer



BERITA LAINNYA



Close Ads x