Kompas TV olahraga sepak bola

Timnas U17 Indonesia Berangkat TC ke Jerman, Apa Saja yang Harus Jadi Fokus Persiapan?

Kompas.tv - 17 September 2023, 21:31 WIB
timnas-u17-indonesia-berangkat-tc-ke-jerman-apa-saja-yang-harus-jadi-fokus-persiapan
Skuad dan pelatih Timnas U17 Indonesia telah bertolak ke Jerman untuk menjalani TC jelang tampil di Piala Dunia U17 2023. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas U17 Indonesia telah berangkat ke Jerman guna menjalani pemusatan latihan (TC) sebagai bagian dari persiapan tampil di Piala Dunia U17 2023.

Garuda Asia berangkat ke Jerman dari Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (17/9/2023), dan dilepas oleh Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Timnas U17 Indonesia dijadwalkan menjalani TC selama kurang lebih lima pekan dan melakoni sejumlah laga uji coba di Jerman.

Mengenai TC Timnas U17 Indonesia di Jerman, pengamat sepak bola Weshley Hutagalung berharap, Bima Sakti dan tim pelatih segera menetapkan tim untuk tampil di Piala Dunia U17.

Selain itu, Weshley juga ingin Timnas U17 Indonesia mendapatkan lawan uji coba yang cocok dengan karakter lawan yaitu Ekuador, Panama dan Maroko.

"Saya pikir sudah sepantasnya coach Bima dan tim itu sebagai tim pelatih menetapkan pemain pilihannya. Sudahlah, jangan coba-coba lagi, jangan seleksi-seleksi lagi, karena waktu berjalan terus," kata Weshley dalam program Kompas Petang, Minggu (17/9/2023).

"Uji coba di Jerman, saya berharap ketemu tim yang karakternya cocok dengan Amerika Latin, Amerika Utara dan Afrika. Ini juga menjadi ujian bagi tim PSSI untuk mencari lawan di Jerman yang cocok untuk Timnas U17 Indonesia," ujarnya.

"Saran saya sih, tidak udah seleksi-seleksi lagi, waktu sudah mepet," imbuhnya, menegaskan.

Baca Juga: Ekuador Dinilai Jadi Lawan Paling Berat bagi Timnas U17 Indonesia pada Piala Dunia U17 2023

Lebih dari itu, Weshley menilai, penting bagi tim pelatih Timnas U17 Indonesia untuk meningkatkan mental para pemain.

Dengan mental yang kuat, Weshley yakin Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan bisa meladeni kekuatan lawan yang berada di atas Indonesia.

"Saya pikir soal kepercayaan diri. Karena pemain kita masih muda, gampang sekali goyah kepercayaan dirinya. Jadi (harus) yakin mereka punya kemampuan, mereka tidak kalah dari pemain muda di negara mana pun, yakinlah bahwa mereka semua punya kesempatan mengharumkan bangsa," ucapnya.

"Jadi mental harus maju duluan, nanti skill yang mengikuti," pungkas Weshley.

Seperti yang diketahui, Timnas U17 Indonesia tergabung di Grup A Piala Dunia U17 2023 bersama Ekuador, Panama dan Maroko.

Piala Dunia U17 akan diadakan di Indonesia mulai dari 10 November hingga 2 Desember 2023. 

Pertandingan-pertandingan Piala Dunia U17 2023 akan berlangsung di empat stadion yaitu Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya, Stadion Jalak Harupat di Bandung, dan Stadion Manahan di Solo.

Baca Juga: Media Vietnam Remehkan Timnas Indonesia Meski Masuk Grup Lemah Piala Dunia U17 2023, Ini Katanya



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x