Kompas TV olahraga sepak bola

Drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Ronde Ketiga: Timnas Indonesia Harus Percaya Diri

Kompas.tv - 26 Juni 2024, 21:00 WIB
drawing-kualifikasi-piala-dunia-2026-zona-asia-ronde-ketiga-timnas-indonesia-harus-percaya-diri
Thom Haye dan rekan-rekan se-kompatriotnya di Timnas Indonesia merayakan gol pembuka ke gawang Filipina dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2024 Zona Asia antara Indonesia vs Filipina, Selasa (11/6/2024) di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta. (Sumber: Kompas.com/Adil Nursalam)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia diminta harus percaya diri dengan kemampuan sendiri pada pertandingan babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Ronde Ketiga.

Seperti yang diketahui, Tim Garuda lolos ke ronde ketiga setelah berhasil menjadi runner-up Grup F di ronde kedua di bawah Irak.

Hasil tersebut membawa Indonesia menjadi salah satu tim yang bertahan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 sekaligus lolos ke Piala Asia 2027.

Di ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia bakal menghadapi lawan yang lebih kuat.

Dengan peringkat FIFA Indonesia yang merupakan paling rendah kedua dari 18 tim yang lolos, skuad asuhan Shin Tae-yong bakal ditempatkan di pot 6.

Itu berarti, Timnas Indonesia bakal menghadapi tim mapan Asia seperti Jepang, Iran atau Korea Selatan hingga Australia, Arab Saudi dan Qatar.

Adapun AFC akan menggelar drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Ronde Ketiga pada Kamis (27/6/2024) besok.

Mengenai drawing tersebut, pengamat sepak bola Weshley Hutagalung menilai Timnas Indonesia harus siap menghadapi siapa pun di fase tersebut.

"Saya termasuk orang yang tidak pilih-pilih lawan, ketakutan kalau segrup sama si ini si itu. Prestasi kita sudah membuktikan bahwa kita di pot 6 itu memperlihatkan kita siapa," kata Bung Weshley saat dihubungi KompasTV, Rabu (26/6/2024).

Baca Juga: PSSI Bantah STY Hendak Direkrut Timnas Korsel: Belum Ada Keterangan Resmi, Tolong Jangan Asumsi

"Untuk menghadapi pot 1 dan pot 2, tidak mungkin kita menghindari. Dan enggak mungkin juga kita hanya menghadapi pot 5 dan pot 6. Jadi itu otomatis sudah harus kita hadapi dan ya jalani siapa pun lawannya. Kalau menghindar-hindar ya kita sudah ketakutan lebih dulu," imbuhnya.

Meski persaingan meraih tiket Piala Dunia 2026 sangat berat, Bung Weshley menyebut peluang untuk Indonesia bagaimana pun tetap ada. Ia pun meminta Timnas Indonesia mempersiapkan diri dengan baik dan percaya diri ketika bertanding 

"Yang harus kita hadapi adalah kita mempersiapkan diri sebaik mungkin karena kejutan itu, kalau saya nyebutnya tim Cinderella, di setiap kejuaraan selalu ada," ucapnya.

"Meskipun orang tidak memandang kita, tetapi kita harus percaya diri kesempatan untuk tampil mengejutkan itu ada. Jadi jangan terlalu optimistis tapi juga jangan terlalu pesimis. Fokus saja ke persiapan sendiri."



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x