Kompas TV olahraga sepak bola

Jelang Timnas Indonesia vs Brunei, Elkan Baggott Sebut Skuad Garuda Berkembang Pesat

Kompas.tv - 10 Oktober 2023, 00:30 WIB
jelang-timnas-indonesia-vs-brunei-elkan-baggott-sebut-skuad-garuda-berkembang-pesat
Pemain Timnas U23 Indonesia, Elkan Baggott, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang China Taipei, Sabtu (9/9/2023). (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bek Timnas Indonesia Elkan Baggott menilai skuad Garuda mengalami perkembangan pesat di bawah arahan pelatih Shin Tae-yong. 

Baggot, yang membuat debut di timnas senior selama kepemimpinan awal pelatih Shin Tae-yong saat melawan Afghanistan pada laga uji coba pada 16 November 2021, merasa bahwa timnas Garuda telah mengalami perkembangan yang sangat pesat sejak saat itu.

"Saya melihat ada banyak perubahan dalam hal performa," kata Baggott, Senin (9/10/2023) dikutip dari Antara.

Pada saat debutnya, Indonesia berada di peringkat FIFA ke-166, dan sekarang, setelah hampir dua tahun berlalu, mereka telah naik ke peringkat ke-147.

Baca Juga: Erick Thohir Sebut Pihaknya Siapkan Tiket Bundling Piala Dunia U17 dan Whoosh

Baggott, yang kini telah mengumpulkan 16 caps bersama timnas senior dan 4 caps bersama timnas U-23, berpendapat bahwa perkembangan positif ini tidak terlepas dari pemahaman taktik yang semakin baik antara dia dan rekan-rekannya dengan arahan dari Shin Tae-yong.

“Saya pikir sekarang semua orang berada dalam kondisi fisik yang lebih baik. Dan kami memiliki pemahaman taktis tentang bagaimana pelatih ingin bermain,” kata bek berpostur 1,94 meter tersebut.

“Saya pikir semakin banyak waktu yang kami habiskan bersamanya, semakin kami memahami dan mencoba menggunakan saran dan taktiknya,” lanjutnya.

Sejak ditunjuk sebagai pelatih Indonesia pada Januari 2020, meskipun belum berhasil meraih trofi, Shin telah memberikan kontribusi positif bagi sepakbola Indonesia.

Ia menjadi satu-satunya pelatih timnas Indonesia yang berhasil membawa tiga level timnas ke tingkat Asia, yaitu timnas U-20, timnas U-23, dan timnas senior.

Baca Juga: Timnas U17 Indonesia Tonton Langsung Pertandingan Borussia Dortmund di Bundesliga

Saat ini, Shin sedang fokus untuk membawa Timnas Garuda mencapai level dunia.

Misi tersebut akan diuji dalam pertandingan melawan Brunei Darussalam di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran pertama.

Duel Timnas Indonesia vs Brunei rencananya akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (12/10/2023) pukul 19.00 WIB.



Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x