Kompas TV olahraga sepak bola

Jelang Indonesia vs Jepang, Shin Tae-yong: Saya Ingin Tunjukkan Sepak Bola Kami Sudah Berkembang

Kompas.tv - 23 Januari 2024, 23:10 WIB
jelang-indonesia-vs-jepang-shin-tae-yong-saya-ingin-tunjukkan-sepak-bola-kami-sudah-berkembang
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

DOHA, KOMPAS.TV - Shin Tae-yong berhasrat menunjukkan perkembangan sepak bola Indonesia saat skuadnya berhadapan dengan Jepang dalam matchday 3 Grup D Piala Asia 2023. 

Duel Indonesia vs Jepang akan berlangsung di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar pada Rabu (24/1/2024) mulai pukul 18.30 WIB.

"Ya, tentunya Jepang adalah tim yang punya level top. Di AFC, mereka adalah nomor satu," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang laga yang disiarkan kanal YouTube AFC Asian Cup, Selasa (23/1/2024). 

"Mungkin ini menjadi laga yang sulit, tetapi kami ingin menunjukkan performa tim. Kami bersiap dengan baik dan saya ingin tunjukkan sepak bola Indonesia sudah berkembang," imbuhnya. 

Baca Juga: Jelang Indonesia vs Jepang, Justin Hubner Berharap Garuda Lolos sebelum Bertanding

Di atas kertas, Indonesia punya peluang kecil untuk menang atas Jepang. Pasalnya, Jepang merupakan tim yang bertengger di ranking ke-17 FIFA, sedangkan Indonesia di posisi ke-146. 

Namun, kedua kesebelasan sama-sama mengoleksi 3 poin dari 2 laga Grup D Piala Asia 2023 dan belum memastikan diri lolos ke babak 16 besar. 

Jepang hanya butuh hasil imbang untuk melaju ke babak berikutnya sebagai runner up, sedangkan Indonesia bisa saja lolos sebagai salah satu dari empat tim peringkat 3 terbaik. 

Sebagai informasi, Indonesia belum pernah lolos dari fase penyisihan grup Piala Asia. Dari empat partisipasi sebelumnya (1996, 2000, 2004, 2007), Garuda mentok hanya bertanding di babak grup. 

Baca Juga: Piala Asia 2023: Shin Tae-yong Fokus Timnas Indonesia vs Jepang, Tak Pikirkan Hasil Grup Lain

Menilik data 11v11, Indonesia dan Jepang sudah saling berhadapan sebanyak 15 kali di pelbagai kompetisi. 

Dari total duel tersebut, Jepang menang 8 kali, kalah 5 kali, dan 2 laga sisanya berakhir sama kuat.

Namun, pertemuan terakhir kedua tim terjadi 35 tahun lalu di Kualifikasi Piala Dunia 1990 di Stadion Nishigaoka, Tokyo, 11 Juni 1989.

Dalam laga tersebut, Jepang mampu menggulung Garuda dengan skor telak 5-0.


 



Sumber : Kompas TV/YouTube AFC



BERITA LAINNYA



Close Ads x