Kompas TV olahraga sepak bola

Timnas Indonesia vs Vietnam: Shin Tae-yong dan Philippe Troussier Sama-Sama Targetkan 3 Poin

Kompas.tv - 20 Maret 2024, 19:10 WIB
timnas-indonesia-vs-vietnam-shin-tae-yong-dan-philippe-troussier-sama-sama-targetkan-3-poin
Sandy Walsh (paling kiri) dan Shin Tae-yong berfoto dengan pemain dan pelatih Vietnam jelang pertandingan antara Timnas Indonesia vs Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jelang duel Timnas Indonesia vs Vietnam, pelatih dari kedua negara, Shin Tae-yong dan Philippe Troussier, sama-sama menargetkan untuk meraih tiga poin.

Timnas Indonesia akan menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Kamis (21/3/2024).

Jelang laga tersebut, skuad Garuda dipastikan tidak akan diperkuat tiga pemainnya yaitu Jordi Amat, Elkan Baggott, dan Yance Sayuri yang mengalami cedera.

Namun Indonesia kedatangan amunisi pemain diaspora baru seperti Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes. Sementara Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye yang juga baru menyelesaikan kepindahan kewarganegaraan, berkemungkinan besar baru bisa bermain di laga selanjutnya di Vietnam.

Bermain di hadapan puluhan ribu pendukung Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pun menargetkan skuadnya untuk meraih kemenangan.

Apalagi, menurut pelatih asal Korea Selatan itu, Timnas Indonesia bisa berkembang lebih baik lagi setelah tampil bagus pada Piala Asia 2023 di Qatar Januari lalu.

"Di Piala Asia kemarin memang tim Indonesia yang paling lemah dari antara semua partisipan (dari segi ranking FIFA). Apalagi tim-tim di grup kita prestasinya baik," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers, Rabu (20/3/2024).

Baca Juga: Timnas Indonesia Disindir Vietnam karena Banyak Naturalisasi, Shin Tae-yong Beri Jawaban Menohok

"Semua tim cukup kuat, dengan begitu Timnas Indonesia kemarin kerap melakukan kesalahan dibanding mencetak gol. Namun, saya percaya tim kami punya banyak harapan dan masih bisa berkembang jauh lebih baik."

"Tentu pada pertandingan melawan Vietnam Kamis malam pun, kami akan berupaya agar skuad Indonesia tidak kebobolan banyak dan wajib mencetak gol. Inilah yang kami persiapkan untuk laga melawan Vietnam," ucap STY.

Optimisme juga digaungkan kubu Vietnam. Troussier yakin anak asuhnya bisa meraih kemenangan asalkan bermain dengan penuh ambisi dan memanfaatkan peluang yang didapatkan.

"Ini merupakan peluang besar, itulah mengapa kami perlu menunjukkan kinerja yang kuat untuk besok. Kami mengharapkan pertandingan yang kuat di hadapan banyaknya penonton, tapi saya pikir kami siap," kata Troussier.

"Kami siap dari seluruh persiapan kami dan kami juga siap dengan filosofi sepak bola kami."

"Bertandang ke Jakarta tentunya dengan kepercayaan diri tinggi. Tentunya kita akan tampil bagus besok, dan sudah jelas kami akan bermain dengan pola yang sudah kami latih, sesuai dengan prinsip kami, kekuatan, dan ambisi," ujar pelatih asal Prancis itu.

Pada klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Irak memimpin dengan 6 poin, Vietnam di peringkat kedua dengan 3 poin, Filipina di posisi ketiga, dan Indonesia di posisi terbawah dengan 1 poin. 

Setelah menghadapi Vietnam di Jakarta, Timnas Indonesia selanjutnya akan bertandang ke Stadion Nasional My Dinh, Hanoi pada Selasa, 26 Maret 2024. 

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia vs Vietnam: Garuda Wajib Raih Kemenangan di GBK


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x