Kompas TV olahraga sepak bola

Jelang Indonesia vs Vietnam Malam Ini, Apesnya Troussier saat Bersua Garuda

Kompas.tv - 21 Maret 2024, 18:45 WIB
jelang-indonesia-vs-vietnam-malam-ini-apesnya-troussier-saat-bersua-garuda
Pelatih Timnas Vietnam Philippe Troussier. Laga Indonesia vs Vietnam pada matchday ketiga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024) malam ini WIB. (Sumber: VN Express)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Vietnam Philippe Troussier punya rekor apes saat bersua dengan Timnas Indonesia. 

Kini, Troussier kembali harus berhadapan dengan Timnas Indonesia di matchday ketiga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Duel Indonesia vs Vietnam kali ini akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Kamis (21/3/2024) mulai pukul 20.30 WIB. 

Sepanjang kariernya sebagai pelatih, Troussier sudah tiga kali berhadapan dengan Indonesia. Dari total tiga pertemuan tersebut, pelatih asal Prancis berusia 67 tahun belum pernah sekali pun mengalahkan skuad Garuda

Baca Juga: Pelatih Vietnam Philippe Troussier Pede Lawan Timnas Indonesia: Kami Suka Tantangan

Kesempatan pertama Troussier bertemu dengan Indonesia terjadi pada tahun 2004 silam di ajang Piala Asia. 

Kala itu, Troussier menangani Timnas Qatar dan harus menelan kekalahan 1-2 dari Indonesia. Dua gol kemenangan skuad Garuda saat itu dicetak Budi Sudarsono dan Ponaryo Astaman. 

Kekalahan dari Indonesia di Piala Asia 2004 itu berimbas pada nasibnya sebagai juru taktik Timnas Qatar. Dua hari pasca kekalahan itu, Troussier dipecat oleh Federasi Sepak Bola Qatar. 

Lalu, Troussier kembali berhadapan dengan Timnas Indonesia di ajang SEA Games 2023 Kamboja sebagai pelatih Vietnam U22. Kala itu, Vietnam arahan Troussier kalah 2-3 dari Indonesia di bawah racikan Indra Sjafri. 

Paling anyar, Troussier kembali menelan kekalahan dari Indonesia di ajang Piala Asia 2023 Qatar pada Januari 2024. 

Baca Juga: Komentar Philippe Troussier soal Banyaknya Pemain Naturalisasi di Timnas Indonesia

Sejatinya, jelang laga Indonesia vs Vietnam di Piala Asia 2023 ini, Golden Star Warriors lebih diunggulkan menang. Pasalnya, dari empat pertemuan sebelumnya, Vietnam mampu meraih 2 kemanangan dan 2 hasil seri lawan Indonesia. 

Namun, nasib apes kembali dialami oleh Troussier, Vietnam racikannya kalah 0-1 dari Indonesia lewat gol tunggal Asnawi Mangkualam dari titik penalti. Kekalahan ini juga membuat Vietnam tersingkir dari Piala Asia 2023. 

Bicara pengalaman, Troussier sejatinya adalah pelatih yang cukup masyhur. Dirinya pernah melatih Nigeria, Pantai Gading, Maroko, hingga Timnas Jepang. 

Kini, Troussier berambisi mengakhiri rekor buruknya melawan Indonesia. 

“Pertandingan melawan Indonesia sangat penting. Ini adalah salah satu pertandingan yang berdampak pada kesempatan kami untuk melaju,” katanya, Rabu (20/1) dikutip dari VN Express.

“Kini tim begitu percaya diri. Kami akan menunjukkannya dalam pertandingan besok. Itu akan menjadi tantangan besar bagi Vietnam. Tapi kami menyukai tantangan,” ujar Troussier.


 



Sumber : VN Express.



BERITA LAINNYA



Close Ads x