Kompas TV olahraga sepak bola

Timnas U23 Indonesia vs Australia: Garuda Muda Harus Waspadai Bola-Bola Atas

Kompas.tv - 18 April 2024, 18:36 WIB
timnas-u23-indonesia-vs-australia-garuda-muda-harus-waspadai-bola-bola-atas
Marselino Ferdinan (nomor 7) melakukan duel dengan pemain lawan dalam laga Timnas U23 Indonesia vs Qatar di ajang Piala Asia U23 2024 Qatar, Senin (15/4/2024). (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas U23 Indonesia diminta mewaspadai ancaman bola-bola atas Australia saat kedua tim bertemu di pertandingan kedua Grup A Piala Asia U23 2024, Kamis (18/4/2024) malam.

Duel antara Indonesia vs Australia ini akan digelar di Stadion Abdullah Bin Khalifa di mana kedua tim menargetkan kemenangan pertama.

Menurut pengaamat sepak bola M. Kusnaeni, Timnas U23 Indonesia wajib waspada terhadap permainan bola-bola atas yang bakal dimainkan oleh Australia.

"Memang selama ini salah satu problem kita menghadapi tim-tim Oseania, tidak hanya Australia tapi juga Selandia Baru, itu biasanya faktor bola-bola atas ya," kata pria yang akrab disapa Bung Kus itu dalam program Kompas Petang, Kamis.

"Dan itu yang membuat kita kesulitan menghadapi mereka konsisten selama 90 menit. Artinya kadang-kadang bisa mengimbangi mereka sampai level tertentu kemudian kecolongan di bagian akhir pertandingan karena situasi bola-bola atas yang sulit diantisipasi. Nah ini juga yang terjadi pada Timnas Senior ketika menghadapi Australia di Piala Asia ya," jelasnya.

Maka dari itu, Bung Kus berharap para pemain Timnas U23 Indonesia bisa belajar dari pertandingan tim senior melawan Australia di Piala Asia 2023 lalu.

Saat itu, Indonesia mampu bermain bagus menghadapi Australia namun banyak kebobolan akibat kecolongan permainan bola-bola atas hingga akhirnya kalah dengan skor 4-0.

Pemain Australia, Jackson Irvine, menanduk bola sambil dibayangi pemain Timnas Indonesia, Sandy Walsh. Australia mengalahkan Indonesia 4-0 pada babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim Bin Hamad, Minggu (28/1/2024). (Sumber: PSSI)

Baca Juga: Piala Asia U23 2024: Lawan Australia, Shin Tae-yong Minta Garuda Muda Main Pressing

Dengan banyak pemain tim senior di Timnas U23 Indonesia saat ini, mereka diharapkan lebih mampu mengantisipasi permainan fisik Australia.

"Mudah-mudahan pelajaran dari para pemain Timnas Senior yang sebagian di Timnas U23 bisa mereka ambil ketika menghadapi Australia U23 kali ini, mereka lebih siap menghadapi ancaman bola-bola atas, permainan physical power yang memang dimiliki oleh Australia itu," tutur Bung Kus.

Skuad Australia U23 di ajang Piala Asia U23 2024 Qatar. (Sumber: AFC Media)

Seperti yang diketahui, Timnas U23 Indonesia mendapatkan hasil mengecewakan saat melawan Qatar di laga perdana Grup A Piala Asia U23 2024. Indonesia kalah dengan skor 2-0.

Hasil tersebut membuat Marselino Ferdinan dan kawan-kawan saat ini berada di posisi terbawah klasemen Grup A dengan poin 0.

Sementara Australia juga mendapatkan hasil yang kurang maksimal saat ditahan imbang 0-0 oleh Yordania.

Maka dari itu, laga Indonesia vs Australia malam ini sangat penting bagi kedua tim untuk menentukan langkah ke babak selanjutnya.

Setelah menghadapi Australia, Timnas U23 Indonesia bakal menghadapi Yordania pada Minggu (21/4/2024).

Baca Juga: Piala Asia U23: Pelatih Australia Nantikan Duel dengan Indonesia yang Dihuni Banyak Pemain Senior


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x