Kompas TV otomotif otonews

5 Bocoran Ujian Teori dan Praktik Pembuatan SIM C Terbaru, Berlaku 7 Agustus 2023

Kompas.tv - 5 Agustus 2023, 10:41 WIB
5-bocoran-ujian-teori-dan-praktik-pembuatan-sim-c-terbaru-berlaku-7-agustus-2023
Anggota kepolisian mempraktikkan ujian praktik SIM C di lintasan yang menggunakan konsep baru di Polres Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (26/6/2023). (Sumber: Kompas TV/Humas Polda DIY)
Penulis : Dian Nita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Korlantas Polri akan memberlakukan kurikulum ujian teori dan praktik pembuatan SIM C baru di sejumlah Satpas Polda di Indonesia per Senin (7/8/2023) depan.

Pemohon SIM C tetap wajib melewati dua ujian yakni ujian teori dan ujian praktik. Namun, ujian praktik SIM C akan mengalami perombakan sehingga berbeda dari sebelumnya.

Berikut bocoran ujian pembuatan SIM C terbaru.

1. Ujian teori

Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus mengakan terkait ujian teori, pihaknya sudah menyiapkan materi kisi-kisi dalam format PDF.

Menurutnya, sebelumnya masyarakat tidak mengetahui apa materi yang diujikan. Kali ini, kata dia, Polri menyediakan buku panduan bergambar animasi dengan format PDF yang dapat dilihat dalam aplikasi Polri SuperApp.

Baca Juga: Ujian Praktik SIM C Model Baru Mulai Diterapkan Pekan Depan, Jalur Zigzag dan Angka 8 Dihapus

Buku panduan tersebut juga bisa ditemukan di Satpas mana pun di bagian ruang pencerahan.

Ke depan, Korlantas Polri berupaya menaruh buku-buku tersebut di tempat-tempat serta transportasi umum guna memberikan edukasi kepada masyarakat.

2. Ujian teori berbentuk animasi

Yusri mengatakan ujian teori SIM C terbaru juga berbeda dari sebelumnya. Ujian akan dilakukan dengan teknologi animasi.

"Ada terobosan baru dari Kapolri, kalau dulu waktu ujian teori kami enggak tahu apa soalnya, lalu soalnya secara tertulis. Sekarang ini ujian teori dengan menggunakan teknologi," kata Yusri di Satpas Polda Metro Jaya, Jalan Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (4/8/2023), dikutip dai Wartakota.

"Ujiannya berbentuk animasi, misal teman-teman naik motor, di gambar animasi kartu ini lalu lihat ada orang menyeberang, apa yang harus Anda lakukan, apakah A tancap gas, atau B mengerem. Kalau masih ada yang jawab tancap, berarti orang mati," imbuh dia sembari bergurau.

Menurut Yusri, isi dari ujian tulis tersebut 100 persen sama dengan yang ada dalam buku panduan yang akan disiapkan Korlantas Polri.

"Jadi sebelum mereka ujian teori, dibaca-baca dulu ini kemudian ada TV juga di situ tentang bagaimana soal-soal dan cara mengisinya," jelas dia.

3. Tes kesehatan jasmani dan psikologi



Sumber : Wartakota, Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x