Kompas TV otomotif otonews

Wuih, Perusahaan Ini Integrasikan Teknologi Kecerdasan Buatan ChatGPT di Mobil-Mobilnya

Kompas.tv - 24 Juni 2024, 17:00 WIB
wuih-perusahaan-ini-integrasikan-teknologi-kecerdasan-buatan-chatgpt-di-mobil-mobilnya
Interaksi dengan ChatGPT bekerja melalui asisten suara IDA. (Sumber: Volkswagen AG)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Volkswagen (VW) akhirnya meresmikan integrasi ChatGPT ke dalam sistem kendaraan mereka. Langkah inovatif ini bertujuan meningkatkan pengalaman berkendara dan interaksi pengguna dengan kendaraan.

Berdasarkan laporan Carscoops, Jumat (21/6/2024), teknologi kecerdasan buatan ini kini tersedia pada seluruh lini produk ID., serta Golf, Tiguan, dan Passat model terbaru.

ChatGPT diintegrasikan dengan asisten suara IDA milik Volkswagen. Sementara IDA sudah memungkinkan pengemudi untuk mengontrol berbagai fitur seperti sistem kontrol iklim dan navigasi, ChatGPT menjanjikan kemampuan yang jauh lebih luas.

Pengemudi dapat meminta informasi wisata, hasil pertandingan olahraga, bahkan bantuan memecahkan soal matematika untuk anak-anak selama perjalanan.

Baca Juga: Pendiri ChatGPT Samuel Altman Dapat Golden Visa dari Dirjen Imigrasi, Apa Manfaat Eksklusifnya?

Volkswagen menekankan kemudahan penggunaan fitur ini. Pengguna cukup mengucapkan "Halo IDA" atau menekan tombol di setir, tanpa perlu membuat akun baru atau mengunduh aplikasi tambahan. Saat ini, ChatGPT tersedia dalam bahasa Inggris, Spanyol, Ceko, dan Jerman.

"Dengan mengintegrasikan ChatGPT secara mulus ke dalam asisten suara kami, kami menawarkan kesempatan kepada pengemudi untuk menggunakan kecerdasan buatan ini setiap hari, menggarisbawahi inovasi produk kami," jelas Anggota Dewan Manajemen Merek yang bertanggung jawab atas Pengembangan, Kai Grunitz, dikutip dari Antara, Senin (24/6).

Menanggapi kekhawatiran privasi dan keamanan, Volkswagen menegaskan ChatGPT tidak memiliki akses ke data kendaraan.

Informasi dikirim secara anonim ke ChatGPT hanya jika sistem Volkswagen tidak dapat menjawab pertanyaan, dan segera dihapus untuk menjaga kerahasiaan.

Baca Juga: OpenAI akan Beri Hadiah Rp298 Juta Jika Bisa Temukan Kerentanan di ChatGPT


 



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x