Kompas TV pendidikan kampus

Lolos UTBK SNBT di UGM? Ini Langkah yang Harus Dilakukan agar Resmi jadi Mahasiswa

Kompas.tv - 21 Juni 2023, 20:12 WIB
lolos-utbk-snbt-di-ugm-ini-langkah-yang-harus-dilakukan-agar-resmi-jadi-mahasiswa
Mahasiswa baru mengikuti upacara penerimaan mahasiswa baru di Lapangan Pancasila Universitas Gadjah Mada (UGM), Sleman, Yogyakarta, Senin (1/8/2022). (Sumber: KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Deni Muliya

SLEMAN, KOMPAS.TV - Calon mahasiswa yang lolos Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) di Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 2023 perlu melakukan sejumlah hal agar resmi menjadi bagian dari Kampus Biru di Yogyakarta itu.

Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi jalur SNBT di UGM selanjutnya wajib melakukan registrasi melalui laman simaster.ugm.ac.id selambat-lambatnya pada tanggal 30 Juni 2023.

Selain itu, calon mahasiswa juga wajib melakukan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada kurun waktu 6-12 Juli 2023. 

Calon mahasiswa yang tidak mengikuti kedua tahapan tersebut hingga batas waktu yang ditentukan akan dianggap melepaskan haknya sebagai calon mahasiswa UGM Tahun Akademik 2023/2024.

Baca Juga: Ujian Mandiri UGM Segera Digelar di Enam Kota, Lebih dari 39 Ribu Peserta sudah Mendaftar

Pada tahun 2023 ini universitas yang dijuluki Kampus Kerakyatan itu menerima 2.826 calon mahasiswa baru Program Sarjana dan Program Sarjana Terapan lewat jalur SNBT dari total 59.412 pendaftar.

“Selamat kepada adik-adik yang sudah berhasil diterima menjadi calon mahasiswa UGM. Kalian telah bekerja keras untuk bisa memperoleh kesempatan belajar di UGM, tentu kami harap komitmen yang sama bisa kalian tunjukkan selama menjalani studi nantinya,” kata Wakil Rektor UGM Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Prof. Wening Udasmoro, melalui keterangan tertulis, Selasa (20/6/2023). 


Wening menerangkan, sebanyak 533 dari total calon mahasiswa yang diterima merupakan peserta Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, atau sekitar 18.9 persen. 

Menurut Wening, banyaknya calon mahasiswa penerima KIP yang diterima itu menunjukkan inklusivitas UGM.

Ia menegaskan, calon mahasiswa itu memiliki kesempatan yang sama untuk memeroleh pendidikan di UGM.

Baca Juga: Calon Mahasiswa yang Lolos UTBK 2023, Simak Biaya Kuliah UGM, UI, IPB, ITB, Undip, hingga Unair

“Calon mahasiswa yang berasal dari keluarga dengan tingkat ekonomi rendah punya kesempatan yang sama untuk berkuliah di UGM dan memeroleh pendidikan yang terbaik,” kata Wening dilansir situs resmi UGM.

Sebagai informasi, SNBT merupakan satu dari tiga jalur penerimaan mahasiswa baru program diploma dan program sarjana pada perguruan tinggi negeri. 

Jalur seleksi ini berfokus pada pengukuran kemampuan penalaran dan pemecahan masalah melalui tes skolastik yang mengukur empat hal yaitu potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris.



Sumber : Kompas TV/ugm.ac.id



BERITA LAINNYA



Close Ads x